Berangkat Dari Bisnis, Kini Di Percaya Jadi Wakil Rakyat

 

Memulai dengan Dunia Bisnis, Sekarang Ahmad Jayadikarta Sukses menjadi wakil rakyat Pulang Pisau, selama 3 periode. Foto : Koleksi Pribadi


POSSINDO.COM, PULANG PISAU - Memiliki cita-cita sejak SMA untuk bisa menyuarakan aspirasi masyarakat diparlemen akhirnya berbuah manis, hingga mengantarkan seorang H. Ahmad Jayadikarta menjadi anggota DPRD di Pulang Pisau pertama untuk kalinya ditahun 2009 lalu. Pria lulusan Fisipol UMY Jogya tahun 1999 hingga kini masih aktif menjadi senator di DPRD Pulang Pisau dari Partai Nasdem. Kepada media ini dirinya mengaku memang punya perjalanan yang panjang hingga bisa melangkah jauh seperti sekarang. 

"Waktu lulus kuliah itu awalnya memberanikan diri berbisnis. Saat itu dengan modal yang minim saya membuat CV Akasia yang bergerak di bidang sipil, pengadaan barang dan Jasa. Disinilah awal mulanya mengenal dunia Usaha. Bagaimana harus menjaga kepercayaan orang. Melakukan lobi hingga mencari ceruk pasar. Karena orang tua sudah menanamkan sikap yang disiplin , akhirnya usaha ini perlahan mulai tumbuh lalu saya buat lagi CV. Azriel Mandiri hingga terakhir berubah jadi PT. Azriel Putra Jaya," kata pria yang akrab disapa Jayadi ini.

Dirinya bercerita, menekuni dunia Usaha memang harus pandai berhitung. Bagaimana agar deadline bisa selesai tepat waktu dan sesuai seperti apa yang ada dalam perjanjian. Dirinya menyebut tidak jarang dirinya harus menelan kerugian akibat mobilisasi barang yang sulit hingga memakan waktu berhari-hari. Namun, demi memegang prinsip kepercayaan dan kepuasaan kolega. Dirinya pun harus menggenjot karyawan agar bisa mengejar waktu project.

"Karena sering bergaul dilapangan, punya teman kemudian lingkungan keluarga yang kental dengan politik. Akhirnya saya mulai masuk ke dunia politik, saat itu di Partai Golkar lalu masuk Partai PIS pulang Pisau dan terpilih jadi anggota DPRD. Kemudian seiring perkembangan politik saya memilih arah politik Nasdem. Bahkan ditahun 2014 melalui Nasdem saya maju mencaleg bersama istrinya Dwi Erlina dan dua-duanya alhamdulilah berhasil duduk, meski beda dapil," cerita ayah dari Virania Nur Anjani dan Azriel Zeandika Ahmad ini.



Anggota Dewan Adalah Jalan Pengabdian

Sejak menjadi Senator di DPRD Pulpis, Jayadi mengaku memang lebih banyak meluangkan waktunya ke pengabdian ke masyarakat. Bahkan lajur pekerjaan menjadi kontraktor, usaha yang sempat membesarkan dirinya dulu terpaksa Ia tinggalkan. Namun karena insting bisnisnya masih melekat, dirinya memilih beralih ke usaha BBM dan membuat SPBU. Di bidang usaha ini, ia mengaku punya waktu yang fleksibel karena sudah memiliki karyawan yang mampu bekerja secara mandiri.

"Di bidang distribusi BBM, waktu saya lebih longgar sehingga saat ada tugas di DPRD saya bisa hadir, begitu juga saat turun ke masyarakat. Sementara kalau kontraktor memang agak menyita waktu. Meski saya pilih karena keinginan sejak awal adalah pengabdian. Saya punya 5 orang saudara, saya dan kaka tertua masuk jalur politik dan 3 lainnya ada yang Birokrat dan pengusaha.," tutur Jayadi.

Kesuksesan seperti sekarang dikatakan Jayadikarta karena dukungan keluarga. Bapaknya alm Drs. H. Saifullah pernah menjadi Sekda dan Kepala Bappeda era 1981 di Kabupaten Kapuas, mengajarkan bagaimana kesuksesan bisa diraih dengan kerja keras dan dukungan keluarga. Tidak heran, ketika akan mengambil keputusan penting dalam politik menurut Jayadi dirinya kerap meminta pertimbangan keluarganya. Bahkan kini karena kepopulerannya, dirinya sebut sebagai sosok yang layak maju menjadi Calon Pemimpin di Pulang Pisau.

"Untuk anak-anak Muda, jika ingin sukses maka mulailah membenahi dari diri sendiri. Terus belajar, berkarir san berkarya. Masa depan itu berada ditangan kita sendiri, jika ingin sukses nanti iya harus berusaha sedari sekarang. Terpenting juga jangan pernah sesekali terlibat pada Narkoba, karena akan merusak dan mematikan masa depan. Kedepan saya biarkan jalan mengalir saja, asalkan tetap bekerja dan berkarya pasti yang terbaik bisa kita raih," tukasnya. (sj)


Profil Narasumber :


Nama
H. Ahmad Jayadikarta.,S.IP


Pekerjaan
Ketua Komisi III DPRD Pulang Pisau


Tempat tanggal Lahir 
Kuala Kapuas, 16 Juni 1974


Partai / Jabatan 
Ketua DPD Nasdem Pulang Pisau


Isteri
Hj. Dwi Erlina.,SE

Anak 
 Virania Nur Anjani, 
Azriel Zeandika Ahmad

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال