Ahmad Rifa'i, Dulu Pedagang Sekarang Ketua Dewan

Ahmad Rifa'i dulunya dikenal sebagai pedagang di toko Beruntung Jaya. Kini sukses menjadi ketua DPRD Kab. Pulang Pisau. Foto : Koleksi Pribadi


POSSINDO.COM, PULANG PISAU - Muda, Sukses, Dermawan itulah mungkin kesan pertama saat mengenal seorang H. Ahmad Rifa'i. Bagaimana tidak, diusianya yang masih muda, ia sudah berhasil menjadi seorang politisi dan Pengusaha di Kabupaten Pulang Pisau. Kepada penulis, Rifai begitu sapaannya berkisah jika sejak kecil ia memang hidup dalam lingkungan bisnis. Ayahnya H. Husaini adalah seorang pedagang mesin kapal dan kelotok di Maliku.

"Sejak kecil terbiasa membantu ditoko, namanya Toko Beruntung Jaya. Menjual mesin-mesin kapal dan kelotok. Saat kuliah di Banjarmasin sekitar tahun 2001 itu, sambil kuliah saya ikut mencarikan bahan-bahan toko Banjarmasin. Di situ saya bertemu 2 orang pengusaha toko bangunan berdarah Cina yang punya jaringan hingga Surabaya," Ujar Rifai bercerita.

Dikatakan Pria lulusan STMIK Banjarmasin ini, kunci dalam berdagang dan berbisnis itu adalah kejujuran. Apalagi pesan orang tuanya yang selalu menekankan untuk menjaga amanah mitra bisnis. Menurutnya lebih baik rugi daripada harus merugikan orang lain. Kemudian Toko mereka di Maliku yang mulanya menjual mesin-mesin kapal, perlahan mulai membesar. Kebutuhan bangunan seperti semen, seng hingga tandon air hilir mudik laris dibeli masyarakat. Maklum Toko mereka menurutnya, harus melayani kebutuhan 2 kecamatan dengan jumlah penduduk terbanyak di Pulang Pisau.

"Penjualan semen yang paling besar, bahkan toko kami sudah bisa menjalin kerjasama dengan pabrik di Pulau Jawa. Kita turut senang juga artinya ikut membantu percepatan pembangunan di wilayah kami. Selain di Toko bangunan tahun 2006, saat itu secara tidak sengaja pula, atas masukan keluarga bangunan yang direncanakan menjadi gudang beras untuk suplay Bulog kami coba bikin sarang burung walet. Nah, rupanya hasilnya bagus hingga kami coba buat beberapa sarang walet lagi ditanah yang lain," tutur Rifai.

Banyak Belajar Dari Kelola Toko Orang Tua

Keberhasilan dalam mengelola Toko Beruntung Jaya bahkan dirasakan betul dirinya bersama keluarga, hingga dalam beberapa tahun terakhir oleh salah satu pabrik produsen bahan bangunan yang jadi mitra mereka. Setiap tahunnya Toko Beruntung Jaya berhasil mendapat bonus jalan-jalan keluar negeri secara gratis. Ahmad Rifai sendiri mengaku hingga saat ini sudah mengunjungi sedikitnya 11 negara dari bonus penjualan Toko mereka. Mulai dari ke Turki, Perancis, Belgia, Belanda, New Zealand, Australia, China, Vietnam, Malaysia, Singapura, Jepang bahkan beberapa kali Umroh.

"Pencapaian tersebut menurut saya pribadi merasa adalah pencapaian orang tua. Karena yang membangun Toko tersebut adalah beliau, saya hanya membantu saja. Saya bangga dan terus memegang prinsip usaha yang dicontohkan orang tua, berbisnis bukan sekedar berusaha saja namun juga harus memperhatikan masyarakat sekitar. Makanya untuk masyarakat disini, kalau memang perlu barang mereka bisa pinjam dulu, bayar bisa belakangan kita pahami kondisi juga," kata Rifai merendah.

Setelah sukses dalam berdagang, Ahmad Rifa'i kini juga berhasil duduk menjadi Ketua DPRD sejak mencalon dari Dapil II wilayah Kecamatan Pandih Batu dan Maliku, tempat dimana ia dibesarkan. Bahkan ini kali ketiga dirinya menjadi senator setelah sebelumnya tahun 2009 sukses duduk dari Partai Bintang Reformasi (PBR). Kemudian tahun 2014 lalu terpilih lagi dengan raihan suara terbanyak dari Partai Golkar di Dapil II, perolehan suaranya lebih dari 3.000, di tahun 2019 hal serupa juga terulang lagi.

"Sejak menjadi anggota DPRD saya harus berfikir ekstra. Bagaimana bisa membagi waktu antara urusan berdagang dan mewakili aspirasi masyarakat. Untungnya pengelolaan toko dibantu keluarga dirumah sehingga waktu melayani masyarakat bisa lebih banyak. Melalui amanah Anggota Dewan ini saya bersyukur bisa membantu mewujudkan keinginan masyarakat, seperti usulan jalan, jembatan hingga urusan pembangunan. Meskipun melelahkan namun saya niatkan ikhlas untuk ibadah. Setelah pensiun dari dunia politik, saya pasti akan kembali lagi fokus mengurusi Toko," tuturnya. (jy)


Profil Narasumber :

Nama
H. Ahmad Rifa'i, S.Ikom

Tempat tanggal lahir
Basarang, 1 April 1983

 Agama
 Islam

 Alamat 
 Pasar Minggu, Maliku- Kab. Pulang Pisau

Partai 
 Golkar

Pendidikan 
 S1 STIMIK Banjarmasin

Hobby  
Olah-raga

Pekerjaan 
Ketua DPRD Pulang Pisau. ( 2019-2024)



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال