Inovasi Bumdes Tumbang Nusa Ciptakan Sedotan Ramah Lingkungan


Sedotan dari Tanaman Purun Karya Bumdes Desa Tumbang Nusa Kecamatan Jabiren, Pulang Pisau yang di diberi nama Sedotan Petak Sahep. Foto : Febriani

POSSINDO.COM, PULANG PISAU – Di tengah maraknya kebakaran hutan dan lahan ( Karhutla), yang menghantam banyak wilayah di Pulang Pisau termasuk Desa Tumbang Nusa Kecamatan Jabiren Raya tahun 2019 lalu. 

Rupanya muncul ide hebat dari desa Tumbang Nusa. Mereka berinovasi, menciptakan Sedotan, produk ramah lingkungan berbahan tumbuhan jenis Purun. Tanaman Purun memang selama ini dekat dengan masyarakat tumbang Nusa, hidup di daerah gambut tanaman ini kerap dijadikan olahan tikar atau topi untuk para peladang.

Febrianti, Fasilitator Desa dari Lembaga Kemitraan, Badan Restorasi Gambut ( BRG) yang mendampingi desa tersebut berkisah jika mereka, bersama pihak desa mereka mulanya mencoba memunculkan produk lokal sebagai tambahan pendapatan masyarakat.

“Kita melihat di Youtobe pada daerah Vietnam ada sedotan yang dibuat dari tanaman Purun. Nah kita melihat jenis tanaman ini juga banyak tumbuh di Tumbang Nusa, namun saat itu harga jualnya masih rendah hanya tiga sampai 4 ribu per-ikat. Produksinya juga monoton sebatas tikar atau topi saja,” ungkap Febrianti.

Beberapa turis asing sedang melihat pembuatan kerajinan dari Tanaman Purun di Tumbang Nusa. Foto : Febriani 

Kemudian atas dukungan Bumdes Harapan Kita, Desa Tumbang Nusa dikatakan Febri di sokong dana bantuan dari Lembaga Kemitraan, sekumpulan ibu-ibu di Tumbang Nusa mulai berkreasi membuat sedotan Purun dengan ukuran 24 sampai 35 cm sebanyak 100 sedotan yang dimasukan kedalam besek yang juga dari olahan Purun.

“Kelebihan sedotan ini dibanding sedotan plastik, yakni ramah lingkungan sebab sangat mudah terurai, kedua aman digunakan karena diolah secara alami tanpa pewarna dan pengawet serta bebas bakteri berdasarkan hasil uji lab,” terang Febrianti.

Kini sedotan purun produksi Bumdes Tumbang Nusa mulai di pasarkan ke palangkaraya untuk beberapa hotel dan usaha minuman. Selain harganya yang terjangkau, kelebihan sebagai sedotan ramah lingkungan menjadi daya Tarik. (Sjy)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال