Prospek Rumah Sewa Milik Bumdes Mantaren II

 

Rumah Beton 5 pintu milik Bumdes Mantaren II, disiapkan menjadi rumah sewa untuk Pemasukan Desa. (foto : Rizki)

POSSINDO.COM, PULANG PISAU– Untuk semakin meningkatkan perekonomian masyarakat. Desa Mantaren II Kecamatan Kahayan Hilir belakangan ini mulai melirik usaha penginapan atau rumah sewa. 

Bahkan usaha tersebut kian serius Ketika Badan Usaha Milik Desa atau BUMDES Desa Mantaren II sudah membangun rumah beton sebanyak 5 pintu yang berada di jalan Lintas Kalimantan.

Direktur BUMDES Desa Mantaren II, Arbain pada media ini bercerita jika ide untuk membumdeskan rumah sewa muncul dari masyarakat  yang melihat banyaknya karyawan dari perusahaan pengolahan kayu Sengon PT Naga Bhuana dan PLTU PJB yang sering mencari rumah sewa di Desa Mantaren II.

“Biasanya ada aja karyawan dan pegawai dari Nagabuana dan PLTU yang mencari rumah sewa. Disitu kami melihat peluang usaha, apalagi desa masih ada asset tanah yang berada di pinggir jalan lintas. Lalu setelah berembuk dengan pengurus dan aparat desa, kami sepakat membangun rumah beton yang nanti akan menjadi rumah sewa,” terang Arbain.

Direktur Bumdes Desa Mantaren II, Arbain.
Berada atas tanah Desa seluas  12X16 meter, pihaknya di katakan Arbain mampu membangun sebanyak 5 bedak rumah beton. Meski belum rampung  seratus persen namun saat ini sudah ada 3 orang yang memesan untuk menyewa rumah bedak tersebut.

“Kami pun harus bekerja keras menyiapkan segala prasarana pendukungnya seperti air, tandon penampung, kemudian juga cat dinding hingga penerangan sekitar agar penyewa nantinya merasa nyaman,” ungkap Arbain.

Di tunjuk sebagai direktur Bumdes sejak 2019, Arbain berharap mendapat dukungan dari pengurus, pihak desa dan masyarakat untuk bisa memajukan Bumdes Mantaren II. Menurutnya kini mereka tengah mencari formula agar lokasi rumah sewa yang sudah dibangun bisa bersinergi lagi dengan potensi lainnya.

“Misalkan rencana akan membuat Kawasan kuliner di sekitar rumah sewa itu juga, sehingga nantinya selain bisa membuka usaha bagi masyarakat juga dapat menambah pemasukan untuk Desa. Mohon dukungannya,” ungkap Arbain. (Rizki)

Editor : Dedy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال