Belajar Dari Youtobe, Sertu Mustaqim Panen Ratusan Telur Bebek

Sertu Mustakim berada di kandang Bebek semi permanen miliknya. ( foto - IST)



POSSINDO.COM, PULANG PISAU – Siapa sangka bermula dari menonton youtobe, Mustaqim, anggota TNI yang bertugas di Pulang Pisau ini berhasil mengembangkan ribuan ekor bebek jenis Mojosari dan Alabaio di peternakan miliknya yang beralamat di Desa Mantaren II Kecamatan Kahayan Hilir- Kabupaten Pulang Pisau.
 
Berpangkat sertu, Mustaqim, mengaku jika hoby ternak di lakukannya usai menjalankan tugasnya sebagai seorang Tentara. Ia bercerita, awal mulanya hanya memelihara beberapa ekor bebek saja di samping rumah, merasa punya prospek bagus dia kemudian lagi seraya melihat tayangan di Youtobe tentang tehnik peternakan bebek yang benar.


“Saat itu di YouTube keliatannya mudah, asal rutin kasih makan sudah bisa menghasilkan telur. Saya pun nekat membangun kandang semi permanen di lahan yang baru. Dan ternyata ada-ada saja kendalanya. Beberapa tahun saya mesti belajar, Mulai dari cara kasih pakan yang benar, cara membangun kandang. Sampai cara memilih calon anak bebek yang sehat ,” cerita Mustaqim mengingat awal-awal dirinya merintis usaha peternakan Bebek.

Hampir 5 tahun memelihara bebek, kini di bantu 2 orang pekerjanya Mustaqim sudah bisa merasakan hasilnya. Setiap hari, dari ribuan ekor bebek, tidak kurang 700-900 butir telor bebek bisa di panen. Jika harga di telur saat ini mencapai Rp.2.300 perbutir, maka bisa kita bayangkan sendiri bayangan perolehan omset Mustaqim.

“Alhamdulillah kalau untuk beli pakan sama kasih honor pekerja sudah cukup. Karena memang pada dasarnya hobby, dulu saya berangkat dari puluhan ekor sampai bisa mencapai ribuan ekor, semua berproses juga. Sekarang bagi anak-anak muda yang tertarik ingin belajar ternak bebek ini, saya senang sekali dan di tempat saya ini selalu terbuka bagi siapa saja untuk belajar ” Ujar Mustaqim merendah.( Rizki)

Editor : Dedy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال