Membanggakan, SMAN 1 Kahayan Hilir Jadi Mitra Science Film Festival 2021

Tim Panitia Science Film Festival (SFF) SMAN 1 Kahayan Hilir saat persiapan pemutaran Film di Aula Mess Pemda, Senin ( 08/11/2021) Foto-IST

POSSINDO.COM, PULANG PISAU- Kabar membanggakan datang dari salah satu sekolah di Pulang Pisau. Dimana SMAN 1 Kahayan Hilir terpilih, jadi bagian dari 166 sekolah di 52 kota se-Indonesia sebagai mitra penyelenggara Science Film Festival 2021.

Disampaikan Ketua OSIS SMAN 1 Kahayan Hilir; Pulang Pisau, Puput Notasia jika Science Film Festival (SFF) berlangsung dari tanggal 9 hingga 11 November mendatang dengan pemutaran film dan eksperimen sains di Mess Pemda Pulang Pisau. Acara itu akan kuti para siswa SMA, SMK, MA, SMP dan MTs di Pulang Pisau secara luring.

“Kegiatan ini diselenggarakan oleh Goethe-Institut Indonesia bekerja sama dengan Kedutaan Republik Federal Jerman, PASCH-Proyek, Bagian Kerjasama Pendidikan Bahasa Jerman (BKD), SEAMEO STEM-ED, Universitas Katolik Atma Jaya, dan Universitas Paramadina,” ujar Puput Notasia.

Dilanjutkan dirinya lagi, akan ada 6 film yang akan ditayangkan di Mess Pemda Pulang Pisau nanti, salah satunya film Epidemics and Society dan Living with Misophonia. Pada setiap kegiatan, setelah menonton film bersama para peserta akan diajak untuk melakukan eksperimen.

“Eksperimen ini sederhana dan menggunakan bahan dan alat yang mudah didapat. Kami senang dan bangga dapat berpartisipasi dalam SFF 2021. Filmnya menarik dan eksperimennya juga tidak rumit, tetapi bisa membantu kita memahami peristiwa sehari-hari secara ilmiah,” ungkap Puput bersemangat.

Terpisah Tim SFF SMAN 1 Kahayan Hilir yang juga guru Kimia di SMAN 1 Kahayan Hilir, Murti Eka Susilawati menjelaskan jika Science Film Festival (SFF) merupakan ajang festival film sains terbesar di dunia. Diadakan pertama kali tahun 2005, mereka konsisten menyajikan isu-isu ilmiah. SFF mempromosikan literasi sains dengan menggunakan film dari berbagai negara, seperti Jerman, Belanda, Brazil, Portugal dan Thailand.

“Terdapat 17 films sains yang tersedia dan telah disulih suarakan ke dalam Bahasa Indonesia. Film-film ini memberikan gambaran tentang tema yang diusung SFF 2021 yaitu Kesehatan dan Kesejahteraan. Tema ini berkaitan kondisi pandemi yang juga berdampak kesehatan dan kesejahteraan mental,” tambah guru Kimia SMAN 1 Kahayan Hilir ini. (Rizki)

Editor : Dedy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال