Kaya Manfaat, Tanaman Kenaf Bakal Di Budidaya Massal Di Desa Gohong

Tahun 2022 mendatang Tanaman Kenaf akan mulai ditanam di desa Gohong. ( foto-Net)


POSSINDO.COM, PULANG PISAU- Di anggap memiliki banyak manfaat dan bernilai secara ekonomi pada tahun 2022 mendatang Pemerintah Daerah Kabupaten Pulang Pisau berencana bakal membangun demplot jenis tanaman Kenaf atau (Heniscus Cannaninus L) di Desa Gohong Kecamatan Kahayan Hilir. Hal tersebut dibenarkan Kepala Bidang Tata Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup ( DLH) Pulang Pisau, restu Rabu (3/11/2021) tadi.

“Kenapa tanaman kenaf, karena jenis ini memiliki pasar yang bagus, seratnya di ambil menjadi bahan baku pembuatan dasbor mobil premium, bisa juga sebagai bahan pembuat karung goni, karpet, tali, geotektil dan kerajinan tangan lainnya. Mulai batang, buah dan daunnya dapat dimanfaatkan, masa panennya pun hanya 4 bulan. Tanaman ini biasanya dijadikan bahan baku,” ungkap restu.

Dinas Lingkungan Hidup ( DLH) Pulang Pisau sosialisasi tanaman kenaf pada warga Desa Gohong. ( Foto-Sugito)

Terpilihnya desa Gohong sebagai lokasi dikatakannya sudah melalui proses Panjang Sejak tahun 2019. Dimana Pemerintah Daerah Kabupaten Pulang Pisau melalui Bagian Ekonomi SDA dan DLH telah menjajaki kerjasama dengan Badan Restorasi Gambut (BRG) untuk mengembangkan budidaya tanaman Kenaf. Selain itu kelompok penggarap dan lahan juga sudah di siapkan jauh-jauh hari.

“Untuk rencana dimulai tahun 2022 mendatang di atas lahan 3 hektar di desa gohong, lahanya sudah di pelajari dan lahan type rawa gambut, sesuai dengan asal hidup tanaman ini. Untuk pendanaan program ini dari Pemerintah Pusat melalui BRG. Jika nanti berhasil, selanjutnya akan dikembangkan ke wilayah lain yang punya potensi serupa,” tukasnya Restu. (ds)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال