Menghadap Laut Jawa, Cemantan Berpotensi Wisata Pantai

Desa Cemantan yang ada di Kecamatan Kahayan Kuala memiliki garis pantai yang berpotensi jadi tempat wisata. Foto/IG Cemantan

POSSINDO.COM, PULANG PISAU- Berada di pesisir dekat laut pulau Jawa, Desa Cemantan yang ada di Kecamatan Kahayan Kuala rupanya memiliki potensi untuk pengembangan wisata pantai. Hal itu dikatakan Camat Kahayan Kuala, Muhammad Daulai pada media ini. 

"Desa Cemantan memiliki pantai yang indah, menghadap langsung laut Jawa. Jika dukung pengelolaan yang baik tentu bisa jadi destinasi wisata pantai. Apalagi jika dipadukan dengan suguhan bakar ikan hasil petani tambak, saya rasa itu menu wisata yang menarik, " Ungkap Camat Daulai. 

Sayangnya hingga saat ini kendala cukup besar ada pada akses jalan. Saat ini menurutnya cukup sulit menuju Cemantan jika melalui darat, harus melalui jalur sungai. 

Terpisah Kepala Desa Cemantan, Riki Rahman mengakui jika  pantai Cemantan dengan luas hampir 4 kilometer tersebut, sangat layak menjadi Objek wisata. Selain hamparan pasir yang panjang, juga terdapat hutan mangrove sebagai lokasi habitat ikan. 

"Hanya kendalanya adalah akses, melalui jalan darat masih belum mulus. Sehingga andalan masih lewat sungai. Selain itu juga belum tersedianya listrik dari PLN, "Ungkap Riki. 

Pihaknya saat ini berupaya melakukan perubahan kecil melalui kelompok sadar wisata ( Pokdarwis) untuk menjaga dan memperkenalkan pantai Cemantan. Sambil berharap adanya bantuan besar dari pemerintah untuk membangun akses jalan dan menyediakan listrik alternatif. (Sam) 

Editor : Dedy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال