Masyarakat Sambut Antusias Festival Budaya Handep Hapakat Pulang Pisau 2022

Suasana lomba mangaruhi (menangkap) Ikan dalam Festival Budaya Handep Hapakat Pulang Pisau 2022. Foto/Ist

POS SINDO.COM, - Gelaran Event “Festival Budaya Handep Hapakat” yang di adakan oleh dinas kebudayaan dan pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Pulang Pisau Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2022 mendapat antusias yang banyak masyarakat.

Terbukti, pantauan media ini beberapa gelaran seni seperti Lawang Sakepeng, Lomba Mangaruhi dan besei kambe yang diadakan diruang terbuka diserbu ratusan masyarakat.

Selain menjadi hiburan warga, kegiatan unik tersebut dianggap menghidupkan Kembali budaya lama orang dayak yang menghilang.

“Seperti lomba mengaruhi ikan, itu kan cara tradisional orang Dayak menangkap ikan. Biasanya dilakukan saat musim kemarau, ketika ikan berkumpul di satu titik bertepatan dengan waktu tanama padi gunung. Cara menanngkap ikan dengan tangan sangat ramah lingkungan, perlu dikenalkan pada anak-anak muda saat ini,” komentar Berto marus, salah satu warga Anjir yang ikut menonton lomba mangaruhi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pulang Pisau, Bakhzar Effendi menyampaikan, jika Festival Budaya Handep Hapakat dilaksanakan dengan tema kearifan lokal. Dirinya pun bersyukur, dengan turunnya pandemic maka kegiatan dengan mengumpulkan orang banyak bisa laksanakan.

“Biasanya ada acara karnaval, nah tahun ini kita buat Festival dengan di tiga tempat terpisah, yakni di Aula Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Taman Sumbu Kurung, dan Stadion HM Sanusi. Respon masyarakat cukup bagus, ini akan menjadi evaluasi lagi untuk bisa membuat yang lebih bagus lagi ditahun mendatang,” tukasnya. (Sam)

Editor : Dedy
















Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال