Dilanda Banjir, Warga Tumbang Nusa Dan Tanjung Taruna Mulai Kehilangan Mata Pencaharian

Kepala Desa Tanjung Taruna, Andi Irawan menunjukan ketinggian air diwilayahnya, kini sudah mencapai pinggang orang dewasa. Foto/ IST

POS SINDO.COM, Pulang Pisau – Tingginya curah hujan sepekan ini, membuat dua desa di kecamatan jabiren raya dilanda banjir. Desa tersebut yakni Desa Tanjung Taruna dan desa Tumbang Nusa.


Kades Tumbang Nusa, Lily pada media menyampaikan jika banjir di desanya merupakan air kiriman dari arah hulu. Hingga saat ini sekitar 6 buah rumah warga dikatakan Lily sudah terendam banjir dengan ketinggian hampir 50 cm.

“Bahkan akses jalan menuju desa, sepanjang 1,5km ikut terendam air. Sehingga dari desa tumbang nusa bawah menuju tumbang nusa atas hanya bisa mengunakan perahu. Untuk kegiatan sekolah, sekarang masih berjalan,” ungkap Kades Lily.

Pihaknya pun menghimbau pada warga untuk waspada. Mengingat ketingggian air bisa jadi akan naik karena intensites hujan yang tinggi. Pihak desa dikatakan Lily juga telah memperkuat koordinasi dengan pihak kecamatan dan BPBD kabupaten untuk melakukan pantauan kondisi air serta antisipasi, kemungkinan terjadinya ancaman pada warga.

Sementara itu, Kepala Desa Tanjung Taruna, Andi Irawan menyampaikan jika desanya juga mengalami banjir dibeberapa titik. Bahkan fasilitas umum seperti sekolah ikut terdampak, hingga harus diliburkan.

“Seperti SDN tanjung pusaka, SDN tanjung taruna serta SMP satu atap desa tanjung taruna terpaksa diliburkan sepekan ini karena sekolahnya terendam banjir. Dampak lain, yakni beberapa warga kami terganggu dalam mencari nafkah, seperti para nelayan. Sebab air banjir membuat hasil tangkapan menurun drastis,” ungkapnya. (Sam)

Editor : Dedy


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال