Pelabuhan Bahaur Diharapkan Dorong Ekonomi Daerah

Kapal Sunan Drajat dengan rute Bahaur, Pulang Pisau ( Kalteng)- Paciran, Lamongan -Jawa Timur diharapkan bisa mendorong ekonomi warga sekitar Pelabuhan. Foto/ IST

POS SINDO.COM, Pulang Pisau - Keberadaan Pelabuhan Bahaur di kecamatan Kahayan Kuala dengan layanan kapal Sunan Drajat rute Pulang Pisau - Paciran Lamongan, Jawa Timur diyakini akan mampu mendorong geliat ekonomi Daerah. Hal itu di sampaikan Kepala Dinas Penanaman modal Perizinan Terpadu satu pintu ( DPMPTSP) Pulang Pisau,Letting.

"Dengan beroperasinya kapal tersebut, harapan kita kabupaten terdekat dengan Pulang Pisau yang akan mudik ke Jawa Timur bisa melalui jalur ini, tidak lagi lewat Sampit atau Banjarmasin lagi. Tentu ini sebuah peluang yang bisa menumbuhkan usaha baru disekitar Pelabuhan, baik itu sektor usaha kuliner atau jasa bagi warga sekitar bahaur,” ungkap Mantan Camat Kahayan Tengah ini.

Dikatakan letting, dengan adanya rute pelayaran Bahaur - Paciran secara perlahan tentu ikut mendorong masuknya investasi ke daerah. Salah satunya adalah peluang pembangunan jasa gudang penyimpanan berbagai barang yang masuk dari Jawa.

Bahkan bisa jadi tanah masyarakat di sepanjang jalur Kalawa, hingga Bahaur yang saat ini belum berfungsi nantinya bisa digunakan sebagai usaha hilir dari adanya pelabuhan tersebut.

"Selain itu untuk usaha lokal juga semakin berpeluang menumbus luar daerah karena biaya pengiriman bisa di tekan. Misalnya usaha kerajinan rotan yang selama ini pengirimannya melalui Banjarmasin, dulu tidak bisa kirim banyak karena ada biaya pengiriman yang besar. Nanti melalui pelabuhan Bahaur ini bisa langsung kirim ke Jawa. Harapan kita usaha lokal bisa ikut tumbuh seiring beroperasinya Pelabuhan tersebut," tukasnya. (Sam)

Editor : Dedy





Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال