Wisata Alam Danum Bahandang, Airnya Mirip Minuman Bersoda

Beberapa anak terlihat mandi di Sungai Wisata Bahandang, Kota Palangkaraya. Keunikan warna air sungai yang merah menjadi keunikan lokasi tersebut. Foto/Arief Suseno

POSSINDO.COM, Ragam- Wisata alam Danum Bahandang (Air merah) saat ini sudah menjadi salah satu objek Destinasi wisata pilihan bagi warga yang ada di Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah. Meski letaknya di tengah hutan, yakni di Kelurahan Sei Gohong UPT 38 atau Kilometer 38, namun mudah diakses lewat darat.

Penelusuran media ini, awal mula viralnya wisata Danum Bahandang karena seringnya kunjungan warga lokal, baik hanya sekedar untuk mandi di sungai atau memancing ikan.

Namun karena wilayahnya yang cukup luas, yakni sekitar 24 Hektare. Lokasi tersebut juga kerap dijadikan sebagai lokasi camping. Apalagi keasriannya masih terjaga. Keberadaan hewan liar seperti monyet, ular, babi hutan dan hewan endemik kalimantan juga masih mudah dijumpai. Selain itu untuk aliran air sungainya yang tidak pernah mengalamai kekeringan.

Ada keunikan dari tempat wisata alam Danum Bahandang yakni warna air sungainya yang hampir sama dengan minuman bersoda yaitu Coca Cola. Airnya berwarna merah dan agak sedikit kehitam-hitaman.

Bagi masyarakat Suku Dayak air yang berwarna merah mereka menyebutnya Danum Bahandang. Hal itu dikarenakan bahwa Kalimatan identik memiliki kesamaan pada warna air sungainya berwarna merah.

Bisa terjadinya perubahan warna pada air tersebut disebabkan dari rendaman akar-akaran pohon yang tumbuh disekitaran sungai. Faktor lainnya adalah akibat gundukan tanah gambut didalamnya. Apabila terkena cahaya matahari warna air sungainya bisa terlihat mirip dengan minuman coca cola atau air teh.

Bermula Dari Adanya Wisata Kahui

Salah satu pengelola wisata Danum Bahandang, Okto Oktovianus Obetunga (39) tahun, mengatakan jika wisata alam ini bermula dari olahan mainan orang kampung sekitar atau biasa disebut “uluh Lewu” yang kerap melakukan kegiatan memancing ikan dan tempat bermandi seusai beraktivitas.

Air sungai yang bewarna merah menjadikan lokasi wisata ini dinamakan Danum Bahandang (Air Merah) oleh warga sekitar. Foto/ Arief Suseno.

“Melihat sungai ini yang airnya tidak pernah kering, dan luas tanahnya yang cukup luas sekitar kurang lebih 24 Hektare 800 Meter Persegi, sehingga masyarakat setempat mencoba mengolahnya dan dimanfaatkan menjadi tempat wisata. Seiring berjalannya waktu antusias pengunjung sudah mulai banyak yang berdatangan” ucap pria kelahiran Gunung Mas ini.

Dikatakan dirinya lagi wisata Danum Bahandang merupakan milik swasta atau perorangan yang dikelola oleh masyarakat sekitar. Mulanya, lokasi tersebut mulai dikenal sejak adanya Wisata Kalimantan Hutan Itah atau Kahui. Beberapa pengunjung yang mulanya datang ke Kahui menjadi inisiatif warga sekitar untuk membuat wisata serupa.

Lambat laut, akhirnya wisata alam Danum Bahandang menjelma menjadi lokasi pilihan masyarakat untuk berlibur. Tak jarang banyak pengunjung yang datang dari luar kota. Tempat ini tidak pernah sepi pengunjung bahkan sampai ada yang bermalam, karena Wisata Danum Bahandang juga menyediakan pengunjung yang ingin bermalam.

Untuk harga tiket masuknya juga terbilang cukup murah yaitu sekitaran Rp10.000 perorang jika bermalam untuk camping Rp15.000. Sedangkan harga parkir kendaraan seperti mobil seharga Rp1000 dan motor Rp5000.


Tersedia Berbagai Wahana Susur Alam


Ada beberapa wahana permainan dan fasilitas yang bisa disewa untuk pengunjung yang datang. Seperti permainan ATV, perahu, ban untuk berenang di sungai, dan juga alat camping yang ingin bermalam disekitaran Wisata Alam Danum Bahandang.

Kisan pria berusia 25 tahun asal Palangka Raya, salah satu pengunjung mengungkapakan, wisata alam Danum Bahanda bisa menjadi tempat camping bersama teman-teman. Udaranya sejuk, bisa menikmati suasana alam sekitar.

“Biasanya jika bermalam di tempat ini, kita sudah membawa alat perlengkat untuk bermalam. Jika Ingin menyewa juga bisa, untuk tenda seharga Rp50.000 beserta perlengkapan tidur seperti matras” kata Kisan.

Menurut dia, wisata ini adalah satu - satunya wisata yang bisa dijadikan tempat camping yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Kota Palangka Raya. Hampir setiap malam libur tak jarang banyak pengunjung yang datang untuk bekemah.

“Ada yang unik di Danum Bahandang, airnya mirip dan sama persis warnanya dengan minuman Coca Cola. Hampir setiap berkunjung ketempat ini selalu mandi dan berenang disungainya, kerena airnya sejuk. (Arief Suseno)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال