17 RW di Jakarta Terima Penghargaan Kampung Proklim Dari KLHK

Perwakilan dari peraih penghargaan Kampung Proklim melakukan foto bareng bersama Kepala Dinas DLH DKI Jakarta, Asep Kuswanto (Kiri) pada (31/10/2022) Senin tadi di Jakarta. (FOTO: Dok / DLH Jakarta).

POS SINDO.COM, Jakarta - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta memberikan penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) pada (31/10/2022) Senin tadi di Jakarta. Ada sebanyak tujuh belas Rukun Warga (RW) yang berhasil mendapatkan penghargaan ini.

Kepala Dinas DLH DKI Jakarta, Asep Kuswanto memaparkan, penghargaan diberikan oleh KLHK berupa trophy penghargaan satu lokasi Proklim Lestari, yaitu rw 03 Kelurahan Cempaka Putih Jakarta Pusat. Penghargaan tersebut merupakan sebuah capaian tertinggi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Selain itu di tiga lokasi lainnya meraih penghargaan Proklim Utama, diantaranya rw 09 Kelurahan Penggilingan Kecamatan Cakung Jakarta Timur, rw 03 Kelurahan Semper Barat Kecamatan Cilincing Jakarta Utara, dan rw 05 Kelurahan Sunter Jaya Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara.

Dirinya menjelaskan, bahwa perubahan iklim dipengaruhi dan mempengaruhi oleh banyak aspek kehidupan manusia di muka bumi. Oleh sebab itu setiap kampung harus bisa melakukan adaptasi dan mitigasi dari sebuah dampak perubahan iklim ini.

"Bentuk kepedulian terhadap perubahan iklim ini tercermin dalam berbagai hal. Seperti di antaranya penggunaan lampu hemat energi, energi listrik terbarukan, uji emisi kendaraan bermotor, memanfaatkan air hujan, urban farming, serta pengurangan sampah dari sumbernya," ujar Asep Kuswanto.

Lanjut terang Asep Kuswanto, ada sebanyak 13 lokasi lainnya yang tersebar di lima Kota Administrasi dan Kepulauan Seribu yang berhasil meraih sertifikat Proklim. Diantaranya Jakarta Utara sebanyak tiga rw, Jakarta Timur ada empat rw, Jakarta Selatan dua rw, Jakarta Barat satu rw, Jakarta Pusat dua rw, dan yang terakhir Kepulauan Seribu satu rw.

Asep Kuswanto menambahkan, telah diketahui bahwa ProKlim merupakan program berlingkup nasional yang dikelola langsung oleh KLHK Republik Indonesia. Hal ini bertujuan dalam rangka untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat di dalam melakukan aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, serta penurunan emisi gas rumah kaca.

Sementara dilain kesempatan Adian Sudiana, salah satu warga dari perwakilan rw 03 Cempaka Putih Jakarta Pusat mengatakan, Dinas Lingkungan Hidup Jakarta sangat membantu selama ini dalam pendampingan terhadap kepedulian lingkungan.

"Selama ini, DLH sudah sangat membantu salah satunya dalam Program Kampung Iklim ini. Dan semoga ke depannya kita dapat bekerja sama antar stakeholder agar Kampung Proklim semakin maju dan semakin bertambah di Kota Jakarta," tandasnya. (Arief Suseno / Rilis DLH Jakarta)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال