3 Desa Di Kecamatan Jabiren Banjir, Warga Mulai Mengungsi

Beberapa petugas Gabungan saat membantu kelancaran ruas jalan Tumbang Nusa yang dilanda Banjir. Foto/ IST

POSSINDO.COM, Pulang Pisau – Kondisi banjir di Desa Tumbang Nusa dan Desa Tanjung Taruna Kecamatan Jabiren Raya nampaknya belum menadankan akan surut. Selain rumah penduduk, ruas jalan utama desa hingga jalan penghubung juga terendam.

Camat Jabiren Raya Eka Imanuel kepada awak media mengatakan sebagai antisipasi dampak banjir, pihak kecamatan bersama dengan desa dan dinas terkait sudah turun menyiapkan makanan siap saji serta melakukan pengecekan hingga mengirimkan bantuan ke warga terdampak.

“Banjir ini merupakan musiman, namun dampaknya sangat dirasakan sekali oleh warga. Mudah-mudahan cepat surutu hingga masyrakat bisa beraktivitas seperti biasa,” Ujar Camat Eka Imanuel didampingi beberapa kasi dari kecamatan.

Sementara itu kades Tumbang Nusa Lily menyampaikan jika banjir diwilayahnya sudah sepekan dan masih belum surut. Informasi dirinya rumah warga yang ada dibantaran sungai Kahayan, rata-rata terendam.

Kades Desa Tumbang Nusa, Lyli saat menerim bantuan untuk warganya yang terdampak Banjir, Kamis (24/11/2022) tadi. Foto/Sam

“Warga kami banyak yang mengungsi diposko penampungan banjir yang disediakan dinsos dan pihak BPBD Pulang Pisau. Kita sangat menyambut baik, bantuan cepat dan datang silih berganti. Ada juga yang membantu sembako, pakaian dan selimut dari dari Provinsi, serta pakaian layak pakai dan makanan dari dinsos juga” ujar Lily.

Terpisah, kepala kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pulang Pisau Osa Maliki mengatakan ada 3 desa yg terdampak banjir di daerah di Kecamatan Jabiren Raya.

“Yakni desa tanjung taruna, tumbang nusa dan desa pilang. Kita imbau pada masyarakat agar waspada dan berhati-hati. Terutama Kawasan yang debit air tinggi, awasi anak-anaknya kemudian juga waspadai ancaman binatang. Tim BPBD bersama pihak terkait, saat ini stanby 1 kali 24 jam, membangun posko dilokasi Banjir. Jika memang memerlukan bantuan silahkan datangi saja ke posko,” ujar Osa lagi.

Sementara itu, pantauan media ini, ruas jalan lintas Trans Kalimantan yang ada di Desa Tumbang Nusa Kecamatan Jabiren Raya terendam banjir hingga diketinggian air mencapai 35 cm dan Panjang jalan terendam sekitar 65 meter. Namun dibantu petugas TNI/Polri dan BPBD serta relawan, jalur lalulintas masih terlihat normal. (Sam)

Editor : Dedy


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال