Bakpia Pathok 25, Oleh-oleh Legend dari Kota Jogyakarta

Kue Bakpia Pathok 25, salah satu makanan khas dari Jogyakarta yang dijadikan oleh-oleh bagi para pengunjung. Foto/ IST

POS SINDO.COM, Ragam – Di Jogyakarta ada salah satu makanan atau kue legend yang sering dijadikan oleh-oleh bagi pengunjung dan wisatawan saat hendak pulang dari Jogya. Dia adalah Bakpia Pathok 25, kue tradisonal buatan warga jogya yang berisi kacang hijau, duren dan keju.

Dirangkum dari berbagai sumber, Bakpia dengan merk Pathok 25 ini sudah ada sejak tahun tahun 1980-an silam dan dibuat oleh generasi pertamanya, Tan Aris Nio.

Bakpia Pathok 25 merupakan salah satu bakpia yang legendaris di Jogja. Bakpia ini awalnya berasal dari daerah Pathok (Pathuk) yang merupakan bisnis keluarga. Nah, angka 25 pada Bakpia Pathok 25 diambil dari nomor rumah si pemilik, kemudian digunakan sebagai bagian merek dagang sejak tahun 1980.

“Dulu awal mulanya adalah bakpia 38, kemudian seiring waktu berubah menjadi bakpia pathok 25. Sebenarnya pemilihan nama 25 itu lebih kepada penyebutannya simple, dalam Bahasa jawa terasa beda dengan angka lainnya dan juga 25 itu angka rumah pemilik bakpianya,” terang Ahmad Sudrajat, Supervisor Bakpia Pathok 25.

Masih dijelaskan Ahmad, jika dulu Bakpia Pathok mereka hanya memproduksi satu rasa, yakni rasa kacang saat ini Hingga saat ini, Bakpia Pathok 25 sudah memiliki beberapa variasi menu lainnya. Terhitung menurutnya sudah ada 10 macam, yakni ada durian, cokelat, keju, dan banyak lagi.

Dijadikan Oleh-Oleh Bagi Pengunjung

Meski makanan pia kacang ini dulunya dikenal dari kampung Pathuk Yogyakarta sekitar tahun 1948 dan di populerkan oleh warga China. Seiring waktu, Bakpia tumbuh menjadi kue tradisional yang bisa dibuat siapa saja. Bahkan dengan beberapa varian rasa dan tampian, Bakpia menjadi ikon buah tangan dan oleh-oleh untuk kuliner dari Kota Jogyakarta.

Saat ini saja di Jogyakarta mulai bermunculan aneka pembuat Bakpia, mulai dari rumahan hingga pabrikan industry dengan pangsa pasar para pengunjung yang ingin berwisata ke Jogya. Bahkan karena terkenalnya, ada goyunan yang bilang, tidak ke Jogya kalau tidak bawa Bakpia. (Redaksi)

Dirangkum Dari Berbagai Sumber

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال