Bupati Balangan Gulirkan Bantuan Usaha Tanpa Bunga Bagi Pelaku UMKM

Bupati Balangan H Abdul Hadi saat meresmikan produk UMKM Balangan berbarengan dengan peluncuran pemberian modal bagi pelaku usaha, Selasa (29/11/2022) tadi. Foto/ IST

POSSINDO.COM, Balangan – Dalam mendukung pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM), Pemerintah Kabupaten Balangan meluncurkan program pro usaha masyarakat. Program tersebut yakni asuransi bagi pelaku UMKM di Balangan pada tahun 2023 mendatang.

Dikatakan Bupati Balangan H Abdul Hadi pada Selasa (29/11/2022) tadi, jika program tersebut sebagai upaya mendukung pertumbuhan ekonomi keluarga dan ekonomi daerah. Tehnisnya dikatakan orang nomor satu dibumi sanggam tersebut akan diberikan asuransi BPJS Ketenagakerjaan yang akan membackup pelaku usaha kecil.

“Jika terjadi musibah, misalkan kecelakaan di jalan atau meninggal dunia, nauzubillah mudahan tidak. Maka pelaku akan mendapatkan klaim dana asuransi sebesar Rp 40 juta rupiah,” ungkap bupati Balangan.

Dikatakan dirinya lagi Pemkab Balangan selain memberikan asuransi juga akan menyediakan kesempatan kepada pelaku UMKM untuk mendapatkan tambahan modal usaha dengan pinjaman tanpa bunga di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Paringin.

“Buat UMKM Balangan silakan ke BPR untuk tambahan modal usaha. Pemda memfasilitasi pinjaman dana 0 persen tanpa bunga. Pemkab Balangan telah melakukan penyertaan modal usaha untuk UMKM Balangan ke Bank Perkreditan Rakyat Paringin sebesar Rp 5 miliar di APBD-P 2022,” ujar Bupati Abdul Hadi.

Dilanjutkan dirinya, nantinya akan ada dana yang dipinjamkan bagi pelaku UMKM Balangan dengan tanpa bunga. Sehingga pelaku usaha hanya mengangsur pokoknya saja jika usaha sudah mulai berjalan.

“Harapannya dengan dukungan seperti itu akan bermunculan usaha-usaha kecil yang kuat dan mampu menyerap tenaga kerja di wilayah Balangan. Sehingga kedepan akan mengurangi angka pengangguran juga,” tukasnya. (Sam)

Editor : Dedy



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال