Dinas Pertanian Pulpis Siapkan 20 Ribu Bibit Cabai Sukseskan Program GNPIP  

Bupati dan Unsur Forkopimda Pulpis saat melakukan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Desa Jabiren Kecamatan Jabiren Raya, Senin (21/11/2022) tadi. Foto/ Sam

POSSINDO.COM, Pulang Pisau- Dalam mendukung Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) diwilayah Kabupaten Pulang Pisau, Dinas pertanian Pulang Pisau sudah menyiapkan sebanyak 20 ribu bibit cabai jenis Varietas Sigantung.

Dikatakan Kadis pertanian pulang Pisau Gofridson Senin (21/11/2022) tadi, jika pemilihan Varietas cabe sigantung diambil karena cocok di berbagai kondisi. Tanaman tersebut juga tahan terhadap serangan penyakit dan memiliki karakter buah yang panjang serta menggantung hingga hasil panen yang banyak.

“Selain Bibit Cabe juga kita sediakan bibit sayur pendamping juga, yakni tanaman terong dan tomat masing-masing sebanyak 5 ribu bibit. Nantinya akan kita sebar juga ke kecamatan lain dengan pengawalan dan pendampingan pihak kecamatan dan Penyuluh dilapangan,” ungkap Gofridson.

Sementara itu, Kepala Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Jabiren Raya, Mambang S.,P mengaku pihaknya siap mengawal penamaman sayuran holtikultara diwilayahnya. Dikatakan dia, kebutuhan akan sayuran pangan sangat tinggi sehingga diyakini akan mampu menekan pengeluaran belanja sayur-sayuran warga.

“Di Jabiren Raya ini kita memiliki sekitar 15 hektar lahan tanaman holtikultura. Nanti akan kita atur agar penanaman dilakukan secara triwulan. Cara itu agar waktu panen tidak membuat stok banjir dengan begitu herga juga akan stabil. Rekayasa pasca tanam dan panen seperti ini sangat efektif agar produksi sayuran bisa terus stabil sepanjang tahun,” tukasnya. (Sam)

Editor : Dedy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال