Diskominfo Pulpis Sebut Pentingnya Data Statistik Sektoral

Kominfo Pulang Pisau saat menggelar Finalisasi Data Statistik Sektoral di aula Kantor Disperkimtan setempat, Rabu (9/11/2022). Foto/ Kominfo Pulpis

POSSINDO.COM, Pulang Pisau- Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) Pulang Pisau pada Rabu (9/11/2022) tadi, di Aula Kantor Disperkimtan menggelar kegiatan Finalisasi Data Statistik Sektoral tahun 2021. Dibuka langsung Kepala Diskominfostandi Pulang Pisau Moh. Insyafi dengan dihadiri perwakilan dari OPD dilingkungan Pemkab Pulang Pisau.

“Statistik Sektoral didefinisikan sebagai statistik yang pemanfaatannya untuk memenuhi kebutuhan instansi tertentu, dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan, dan pembangunan yang merupakan tugas pokok instansi yang bersangkutan,” terang Kepala Diskominfostandi Pulang Pisau Moh. Insyafi.

Dikatakan dirinya statistik sektoral bertujuan untuk memastikan keakuratan data sektoral Perangkat Daerah selaku produsen data, dan mensinergikan komponen-komponen data sektoral setiap Tahun Dalam rangka mendukung pembangunan daerah.

"Tentunya sudah melalui sinkronisasi data dan kemudian akan dilakukan finalisasi data yang akan kita laksanakn hari ini, agar data yang di hasilkan merupakan data yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan," tegasnya.

Program tersebut dikatakan Insyafi sesuai Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, Dimana Satu Data Indonesia adalah kebijakan tata kelola Data pemerintah untuk menghasilkan Data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar Instansi Pusat dan Instansi Daerah melalui pemenuhan Standar Data.

"Kegiatan Finalisasi Data Statistik Sektoral ini, diharapkan adanya kerjasama yang Solid antara SOPD sebagai Produsen Data, dan Diskomifostandi sebagai wali data untuk menyamakan persepsi, sehingga nantinya akan menghasilkan data sektoral yang akurat dan akuntabel," tutupnya. (Sam)

Editor : Dedy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال