Gempa Cianjur Renggut Puluhan Korban Jiwa

Gempa menghantam bagian wilayah Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11/2022) tadi. Foto/ IST

POSSINDO.COM, Nasional - Puluhan korban jiwa meninggal dunia dan luka-luka, berjatuhan akibat gempa bumi yang mengguncang daerah Kabupaten Cianjur Jawa Barat, pada (21/11/2022) Senin siang tadi.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Indonesia, gempa bumi yang terjadi di daerah tersebut dengan kekuatan 5,6 SR, 9 kilometer Barat Daya.

Gempa ini tidak berpotensi Tsunami.

Bupati Cianjur, Herman Suherman seperti yang dikutip dari CNNIndonesia mengatakan, rumah-rumah warga hingga gedung Sekretaris Daerah (Sekda) ikut terdampak dan hancur imbas gempa tersebut. "Warga histeris, rumah-rumah hancur, pendopo plafonnya berjatuhan, gedung Sekda hancur dan listrik padam. Perabotan rumah tangga warga hancur," ujarnya.

Seperti yang diketahui, gempa bumi ini kata Herman dengan getaran yang sangat kuat, hingga menimbulkan bencana longsor yang membuat jalur Cipanas dan Cianjur terputus."Ada longsor, ada mobil tertimpa longsor. Jalur Cipanas dan Cianjur terputus karena longsor. Cugenang dari Kota Cianjur kurang lebih 5 kilometer," jelasnya.

Gempa bumi hingga terasa ke beberapa daerah seperti Jakarta, Bandung, Bekasi, Tangerang, dan Bogor itu. Akibat kejadian ini ratusan rumah diduga mengalami kerusakan cukup parah. Pemerintah daerah setempat juga telah memadamkan listrik untuk menghindari sesuatu yang tidak diharapkan.

Berdasarkan informasi yang dapat sementara dari berbagai sumber. Ada 56 orang tewas dan puluhan korban lainnya yang mengalami luka-luka sedang mendapatkan pertolongan oleh tim relawan daerah setempat. (Arief Suseno)

Sumber : Net


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال