Hadapi Cuaca Ekstrem, BPBD Provinsi DKI Jakarta Berikan Tips Jitu

Ilustrasi, cuaca ekstrem, langit Jakarta yang nampak mendung. Foto: Dok/ Arief Suseno.

POSSINDO.COM, Jakarta - Datangnya musim penghujan pada akhir-akhir ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta terus memperkuat koordinasi dalam rangka mengantisipasi bencana hidrometeorologi, dan juga bekerjasama dengan serta instansi lainnya.

Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan memberikan beberapa tips dalam menghadapi cuaca ekstrem. Seperti yang dikutip dari laman resmi Instagram @bpbddkijakarta pada (17/11/2022) Kamis pagi.

Ada empat tips yang bisa diterapkan oleh masyarakat Jakarta. Seperti mempersiapkan perlindungan diri bagi masyarakat yang sering beraktivitas di luar ruangan. Yaitu bisa, membawa payung, jaket, topi, dan jas hujan.

Bagi para pejalan kaki dan pengguna kendaraan agar tetap berhati-hati. Menjauhi area sekitar saluran air atau gorong-gorong terbuka untuk menghindari terjadinya kejadian terperosok.

Untuk masyarakat Jakarta dan sekitarnya bisa rutin untuk selalu memantau informasi cuaca yang disampaikan BPBD DKI melalui website bpbd.jakarta.go.id. Selain itu juga bisa dilihat media sosialnya BPBD DKI Jakarta, seperti instagram, twitter, facebook, dan telegram.

Manfaatkan kanal pengaduan darurat milik Pemprov DKI Jakarta yaitu dengan telepon ke nomor 112 dan gunakan aplikasi JAKI untuk melaporkan kejadian banjir atau genangan yang terjadi di daerah sekitarnya.

Berdasarkan pantauan media ini, diketahui bahwa sejak pagi tadi sekitar pukul 02:00 WIB hingga menjelang siang Jakarta diguyur hujan lebat dan merata. Hingga mengakibatkan terjadinya pohon tumbah di daerah Kamal Jakarta Barat.

Dikutip dari laman resmi Instagram @tmcpoldametro untuk itu perlu ada kesiapsiagaan. Dari ungahan tersebut Polri Sat Lantas Jakarta Barat (Jakbar) langsung melakukan penanganan dan pengamanan pohon tumbang di Kamal Jakbar arah Cengkareng. Masyarakat juga dihimbau bagi pengguna jalan untuk tetap tetap berhati-hati. (Arief Suseno)

Editor : Dedy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال