Kenali Manfaat dan Bahaya Keseringan Minum Kopi

Ilustrasi, Konsumsi minum kopi sangat bermanfaat untuk tubuh, namun jika berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Foto/Arief Suseno

POS SINDO.COM, Ragam – Kopi sejatinya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, namun jika dikonsumsi secara berlebihan bisa mengalami efek samping pada diri seseorang. Perlu diketahui bahwa manfaat dari kandungan biji kopi yang dihasilkan itu, kaya akan antioksidan dan nutrisi sehingga bisa membantu kesehatan pada tubuh. 

Setiap secangkir kopi mengandung vitamin B2, dan B5. Selain itu terdapat kandungan lainnya seperti mangan, kalium, magnesium, dan niasin.

Lebih dari itu ternyata manfaatnya mengkonsumsi minuman kopi pada tubuh juga bisa menurunkan berat badan, dan dapat mengurangi resiko penyakit diabetes. Dari berbagai hasil penelitian menyebutkan, tentang manfaatnya cairan pada kopi bahwasannya mengandung banyak kafein. Hal ini bisa dijadikan sebagai alternatif obat alami untuk mencegah terjadinya diabetes.

Secara keseluruhannya bahwa kafein tidak meningkatkan risiko penyakit jantung atau stroke pada seseorang. Melainkan bisa meningkatkan tekanan darah karena efek stimulannya pada sistem saraf. Tekanan darah yang meningkat tersebut adalah faktor berisiko lebih mudah terjadinya serangan jantung dan stroke, karena dapat merusak arteri setiap saat.

Sebaiknya dalam konsumsi minum kopi sebaiknya pada saat produksi hormon kortisol rendah, waktu yang tepatnya adalah pada pagi hari. Hormon kortisol atau yang biasa disebut hormon stres ini berperan dalam meningkatkan kewaspadaan. Sederet manfaat minum kopi harus diketahui, seperti bisa meningkatkan energi namun juga bisa membuat tubuh menjadi lemas.

Bagi seseorang yang suka keseringan mengkonsumsi minum kopi perlu diperhatikan, karena selain kaya dengan kandungan manfaat ternyata jika dikonsumsi berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. Apalagi jika memiliki riwayat asam lambung, pastinya tidak dianjurkan meminum kopi.

Hampir sebagian orang tidak menyadari tentang hal itu, asalkan terasa nikmat meminum kopi dirasa cukup. Untuk itu perlu diketahui bahaya konsumsi kopi berlebihan bisa menimbulkan kecemasan. Efek lainnya, bahaya dari kafein ini dapat mempengaruhi pikiran dan rasa seseorang. Tak hayal, pada malam harinya mudah sekali terserang penyakit insomnia. (Arief Suseno)

Dirangkum berbagai sumber


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال