Manfaat Dan Efek Samping Konsumsi Daun Sirih Untuk Kesehatan

 Ilustrasi, daun sirih yang sering digunakan obat alternatif untuk kesehatan pada tubuh. Foto: Net

POSSINDO.COM, Ragam – Ternyata dengan meminum cairan herbal rebusan seperti daun sirih bisa mencegah berbagai penyakit. Selain itu juga ada banyak manfaatnya yang bisa didapat untuk kesehatan tubuh.

Tak jarang jika seseorang tidak mengetahui manfaat kandungan dari daun sirih. Seperti bisa membantu melancarkan saluran pada pencernaan, menyembuhkan luka, menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Seperti yang di ketahui bahwa daun sirih memiliki senyawa fenolik di dalamnya yang dapat mengandung berbagai khasiat seperti anti bakteri, anti mutagenik, antioksidan, dan anti proliferatif. Selain itu terdapat kandungan zat berkhasiat. Di antaranya, minyak atsiri, hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allylpyrokatekol, cyneole, caryophyllene, cadinene, estragol, terpennena, seskuiterpena, fenil propana, tanin, diastase, gula, dan pati.

Minyak astiri dari daun sirih ini memiliki kandungan lainnya mempunyai kekuatan untuk mematikan kuman serta sebagai antioksidasi serta juga sebagai antijamur. Kandungan zat antiseptik pada seluruh bagiannya dapat mengangkat kotoran pada mata serta mencegah terjadinya mata pedih.

Untuk mengkonsumsi air daun sirih tidak terlalu sulit dan hanya siapkan 5 lembar daun sirih yang akan direbus. Siap air untuk rebusan daun sirih sebanyak 300 mililiter, dan direbus selama 15-20 menit. Pada rebusan air tersebut bisa diminum satu kali dalam sehari.

Itulah manfaat pentingnya rebusan air daun sirih untuk yang diyakini bisa mencegah berbagai bagai penyakit. Walau demikian, meskipun daun sirih memiliki kandungan banyak khasiat untuk kesehatan, tetapi jika terlalu sering dapat menimbulkan efek samping.

Banyak yang beranggapan bahwa bisa meningkatkan risiko keguguran pada wanita yang sedang hamil dan cacat lahir. Walau dalam sajiannya hanya sedikit, akan tetapi kandungan daun sirih berbahaya untuk janin ibu hamil.

Salah satu efek samping lainnya kandungan cairan rebusan daun sirih ini berbahaya pada luka kornea atau disebut ulkus kornea. Ketika terjadi kerusakan pada permukaan mata, risiko infeksi mata jadi meningkat. Bukan hanya memiliki efek samping untuk kesehatan mata, air rebusan daun sirih jika dikonsumsi berlebihan bisa memicu iritasi mulut hingga kanker mulut. (Arief Suseno)

Dirangkum berbagai sumber

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال