Penting Konsumsi Air Kunyit, Bisa Obati Berbagai Penyakit

Ilustrasi Minuman Jahe yang Bermanfaat khasiat air rebusan kunyit untuk tubuh. (Foto: NET/IST)

POS SINDO.COM, Ragam – Inilah pentingnya dari manfaat konsumsi meminum perasaan air rebusan kunyit, ternyata bisa mencegah terjadinya serangan berbagai penyakit. Kunyit memiliki kandungan senyawa yang berkhasiat dan sering dijadikan sebagai obat alami. Dalam kandungan kunyit terdapat obat alami kurkuminoid, seperti kurkumin, desmetoksikumin, bisdesmetoksikurkumin dan zat- zat manfaat lainnya.

Setiap satu batang helai kunyit, kurang lebih memiliki kandungan kurkumin sebanyak 200 miligram. Bisa diketahui pada zat kandungan pada kunyit, bisa membantu mencegah terjadinya penyebaran kerja enzim serta sitokin yang menyebabkan inflasi pada tubuh.

Itulah yang menunjukkan bahwa kunyit termasuk dalam golongan antioksidan kuat. Oleh sebab itu, kunyit yang sering digunakan untuk campuran bumbu dapur ternyata sejak lama sudah dijadikan obat alami yang sangat baik untuk tubuh.

Kandungan manfaat yang terdapat pada kunyit diantaranya bisa mengobati penyakit radang, perut kembung, mual-mual pada lambung, dan mengurangi rasa nyeri pada wanita saat mengalami haid. Untuk manfaat lainnya jika seseorang mengkonsumsi minum air seduhannya bisa meningkatkan kembali daya tahan tubuh, karena kandungan zat kurkumin pada kunyit cepat mudah beraksi pada tubuh.

Anjuran yang baik mengkonsumsi minum rebusan air kunyit yaitu setiap dua hari sekali agar mendapatkan manfaat yang maksimal. Apabila terlalu berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. Sejatinya, dalam mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang terlalu berlebih tidak baik untuk kesehatan tubuh. Efek sampingnya jika terlalu berlebihan minum Kunyit, bisa mengakibatkan alergi pada pencernaan.

Pada anjurannya seseorang dalam minum kunyit yang baik harus ada jeda waktu, dan tidak bisa dilakukan secara terus-menerus. Meskipun telah diketahui bahwa kunyit memiliki khasiat yang bisa membantu menurunkan berat badan. Hal inilah yang sering digemari oleh para wanita karena menginginkan bentuk tubuh yang ideal.

Untuk mengolah air kunyit sebagai minuman terbilang lebih mudah. Pertama pilih kunyit yang masih terlihat segar secukupnya dan cuci hingga bersih. Kemudian kupas kulitnya dan di parut atau blender dengan sedikit air. Selanjutnya peras airnya hingga benar-benar habis. Rebus atau didihkan air perasan kunyit, bisa dicampur dengan jahe ataupun gula sekedarnya. Setelah selesai tunggu hingga dingin sebelum bisa dikonsumsi. (Arief Suseno/ dirangkum berbagai sumber)

Editor : Dedy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال