Peringati Hari Pahlawan Ke-77 Pemprov DKI Jakarta Gelar Upacara

Para paskibraka melakukan pengibaran bendera merah putih di peringatan upacara Hari Pahlawan ke 77 di Jakarta. (Foto : Net / Ist).

POS SINDO.COM, Jakarta - Dalam memaknai hari pahlawan ke 77 yang setiap tahunnya jatuh pada 10 November. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar upacara peringatan tersebut di Plaza Selatan Monas Jakarta Pusat, pada (10/11/2022) Kamis pagi.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, memimpin langsung dan bertindak sebagai Inspektur upacara didepan hadapan para Aparatur Sipil Negara (ASN) serta pemerintah terkait lainnya seperti Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini yang hadir pada peringatan hari pahlawan.

Dalam kesempatannya Heru Budi Hartono mengungkapkan, pada Peringatan Hari Pahlawan ke 77 perlu adanya perenungan sejenak. Hal tersebut untuk menemukan kembali jejak para pahlawan dalam hidup kita sebagai bangsa dan negara merdeka. Terlebih perjuangan ini penting serta diresapi untuk mengingat semangat dan keikhlasannya.

"Semangat bergerak serempak menghadang musuh, bergandeng tangan bersama pemuda dan pejuang dari seantero Nusantara, semuanya melebur menjadi satu. Merdeka atau Mati. Para pejuang kemerdekaan Indonesia secara gagah berani tidak akan mau menyerah pada siapa pun. Masa depan revolusi Indonesia layak untuk diperjuangkan dan bukan pemberian dari siapa pun, melainkan berkat dan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa," tutur Heru Budi Hartono.

Menurutnya, untuk saat ini yang sedang dihadapi adalah pemanasan global yang banyak memicu terjadinya bencana alam, kelangkaan pangan, energi dan air bersih. Hal ini tentunya perlu adanya kesiapsiagaan untuk menghadapi itu semua dan bisa bergerak bersama-sama.

Dirinya menegaskan, pemanfaatan seperti energi baru dan terbarukan harus terus dikembangkan. Seperti meningkatkan sumber pangan berbasiskan potensi dan kearifan lokal, sebagai solusi memperkuat keragaman pangan. Selain itu juga pengelolaan sumber daya air secara bijak untuk menjamin keamanan dan ketahanan yang diharapkan, sehingga bisa menopang keberlangsungan kehidupan generasi kini dan mendatang.

"Dari Aceh hingga Papua, saya melihat dan merasakan geliat, serta semangat untuk bangkit, meningkatkan pengetahuan, melatih keterampilan, sampai dengan budi daya dan pengelolaan hasil bumi. Inilah tantangan yang sesungguhnya, mengelola kekayaan alam Indonesia yang luar biasa bagi kejayaan bangsa," ujar Heru Budi Hartono.

"Jadikanlah nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah dan kehidupan. Bersama kita kenang dan hormati perjuangan para pahlawan, bangun ingatan kolektif bangsa, perkuat persatuan dan kesatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pahlawan akan menjadi teladan mengarungi masa penuh tantangan, menata masa depan dan menjadi pemenang. Selamat Hari Pahlawan Tahun 2022," tandasnya.
(Arief Suseno)

Sumber : PPID DKI Jakarta

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال