Sambal Kandas Sarai, Makanan Lezat Kesukaan Orang Dayak

Menu Kandas Sarai salah satu makanan khas warga dayak Kalimantan Tengah. Foto/ Net

POSSINDO.COM, Ragam – Jika anda berkunjung ke Kalimantan Tengah dan mencari makanan lokal, yang khas dan enak maka ada salah satu rekomendasi. Makanan tersebut cukup popular bagi warga Dayak Kalteng. Rasa makanannya cukup lezat, bahannya mudah didapat dan juga dibuat dengan cara sederhana.

Nama makanan tersebut yakni Kandas Srai. Makanan yang masuk kategori sambal menyerupai makanan sambal geprek memerlukan bumbu sederhana seperti Bawang merah, cabe rawit, penyedap rasa. Namu ada satu bumbu khas yang tidak boleh terlupa, yakni daun serai.n Daun serai menjadi bahan wajib agar sambal kandas menjadi harum dan lebih nikmat.

Bahan-bahan seperti cabe keriting dan cabe rawit, bawang merah, garam, gula tadi kemudian diuleg halus baik. Kemudian Iris tipis serai dan tambahkan sedikit terasi yang sudah dibakar lalu masukkan ke cobek dan kembali di uleg merata.

Untuk menambah sambal kandas lebih nikmat, bisa pilih ikan sebagai bahan sambal. Biasanya paling popular ikan bakar jenis Gabus, Pentet ( Lele Lokal) ataupun ikan patin. Sebelum di aduk, pisahkan dulu tulang ikan dari dagingnya. Jika sudah tercampur merata, maka sambal kandas siap untuk dinikmati. (Redaksi)

Dirangkum dari berbagai sumber





Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال