Stadion GBK Masih Renovasi, Laga Piala AFF 2022 Geser Stadion Lain

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di Jakarta yang masih belum bisa digunakan untuk laga kandang Timnas Indonesia karena masih tahap renovasi. (Foto: Net / Ist).

POS SINDO.COM, Olahraga - Renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) hingga saat ini masih terus dilakukan. Dari yang sebelumnya Tim Nasional (Timnas) sekuat Garuda Indonesia rencananya bisa menjalani laga kandang pada Piala AFF 2022 di stadion tersebut terpaksa di pindahkan.

Hal tersebut dikarenakan renovasi SUGBK digunakan untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023. Sejatinya Piala AFF baru mulai digelar pada 20 Desember mendatang hingga sampai 16 Januari 2023.

Dalam laga penyisihan grup rencananya Timnas menggunakan format dua pertandingan kandang dan dua tandang.

Timnas Indonesia sendiri masuk dalam Grup A dan bakal menghadapi seperti Kamboja, Brunei Darussalam / Timor Leste, Thailand, dan Filipina.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali pada statement singkatnya menegaskan, SUGBK masih dalam proses perbaikan sebagai persiapan menyambut Piala Dunia U-20.

"Tidak boleh [SUGBK dipakai]. Pokoknya begitu sudah masuk Kementerian PUPR untuk renovasi, itu sudah diperuntukan untuk Piala Dunia U-20," kata Menpora Zainudin Amali.

Adapun aspek lapangan stadion turut dibenahi oleh pengelola demi menjaga kualitas venue tersebut agar tetap baik. Proses tersebut mulai dilakukan sejak Mei lalu dan direncanakan selesai pada Desember mendatang.

Pengelola perbaikan SUGBK telah melakukan proses mobilisasi dan sampai pada tahap pemindahan material eksisting. Kemudian dilanjutkan dengan mengoptimalisasikan sistem drainase pada Juni hingga Juli lalu yakni pemasangan media tanam pada lapangan.

Media tanam seperti penanaman rumput lapangan telah dilakukan pada Agustus lalu. Hingga saat ini para pengelola SUGBK tinggal melakukan pemeliharaan grow in dan pasca grow ini. Target renovasi masih terus dikebut agar bisa selesai sesuai jadwal yang ditentukan. (Arief Suseno)

Dirangkum berbagai sumber

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال