Sudin KPKP Kepulauan Seribu Panen Cabai Rawit Perdana Hasil Tanam

Kepala Sudin KPKP Kepulauan Seribu, Devi Lidya sedang melakukan panen cabai rawit di Pulau Tidung Kecil, pada (8/11/2022) Selasa tadi. (Foto : Net / Ist).

POSSINDO.COM, Jakarta - Dalam upaya meningkatkan kebutuhan pangan, Pemerintah Propinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Suku Dinas (Sudin) Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kepulauan Seribu melakukan program tanam cabai dan sayuran di daerah setempat.

Dari hasil tanam tersebut dinilai membuahkan hasil dan siap untuk dipetik. Sebelumnya panen cabai ini dilakukan di lahan Pulau Tidung Kecil, Kelurahan Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, pada (8/11/2022) Selasa tadi.

Kepala Sudin KPKP Kepulauan Seribu, Devi Lidya mengatakan, ada sebanyak 500 pohon cabai yang ditanam di atas lahan seluas 7000 meter persegi. Untuk yang baru bisa dipanen kurang lebih sekitar 200 pohon dan menghasilkan 200 gram cabai.

"Jadi untuk secara keseluruhan total panen ada sebanyak 40 kilogram cabai jenis rawit.

Untuk cabai ini merupakan panen perdana. Selain cabai juga ada tanaman sayuran lainnya, seperti terong, tomat, kemudian melon varietas, semangka dan golden melon," terang Devi Lidya.

"Kami juga memanen sayuran terong ungu dari 200 pohon, satu pohon menghasilkan 1 kg, total jumlahnya sebanyak 200 kg dan penyaluran diberikan kepada Pegawai Rekrutan Penyedia Jasa Layanan Perorangan (PJLP) dan masyarakat sekitar Pulau Tidung," jelasnya.

Menurut Devi Lidya, melalui kegiatan ini sebagai pembuktian bahwa lahan di pulau daerah setempat bisa digunakan untuk budidaya tanaman sayuran buah. Meski kondisi tanah dan airnya tidak cocok sebagai media siram namun dengan diolah dengan baik pastinya bisa membuahkan hasil.

Lanjut terangnya, dalam perawatan tanam tersebut tidak lupa selalu diberikan pupuk yang cukup. Seperti ditambahkan pupuk kandang dan pupuk merah. Alhasil diatas lahan di Pulau Tidung Kecil bisa ditanami berbagai hamparan jenis sayuran.

"Untuk kedepannya kegiatan ini akan terus dilanjutkan dengan cara budidaya intensif. Mudah-mudahan pulau mandiri pangan terbentuk di Kepulauan Seribu," tandasnya. (Arief Suseno)

Sumber: Sudin KPKP Kepulauan Seribu.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال