Tikungan Tajam Sitinjau Lauik, Kelokan Yang Hits Dari Kota Kota Padang

Sebuah Tronton berbobo 40 Ton saat melintas ditikungan Sitinjau Lauik dengan pengawalan ketat Kepolisian Lalulintas. Foto / Screnshoot Youtobe Sitinjau Lauik Truck Video

POSSINDO.COM, Ragam - Sitinjau Lauik merupakan tikungan hits yang sangat terkenal di Kota Padang. Bagaimana tidak, tikungan ini memiliki jalur yang cukup ekstrem tetapi di sisi lain menyajikan pemandang indah yang tak akan terlupakan.

Berada di Jalan Raya Padang-Jambi, Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat, tikungan ini menjadi salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi orang-orang, bahkan dari luar kota Padang.

Jalur tersebut masuk jalan nasional dan memiliki badan jalan yang lebar, tak semua kendaraan dapat dengan mudah mengambil dan memilih jalur ini. Sebab, untuk kendaraan berat diharuskan mengambil sisi terluar yang landai agar mendapatkan momentum untuk menanjak.

Ruas jalan sepanjang kurang lebih 15 kilometer tersebut dikenal dengan tikungannya yang ekstrem. Selain itu pengguna jalan juga akan melalui tanjakan yang cukup curam. Saking curamnya ruas tikungan tersebut tidak memungkinkan 2 mobil berukuran besar berpapasan. Alhasil, pengguna jalan harus bergantian jika hendak melewati belokan itu.


Sejarah Nama Sitinjau Lauik

Pemberian nama Sitinjau Lauik ini asal muasalnya adalah karena setiap para pengendara yang melewati jalan terjal ini, kita dapat menikmati keindahan alam yang mengagumkan. Pemandangan dari ketinggian inilah yang membuat terpukau sehingga orang-orang zaman dahulu memberikan nama Sitinjau Lauik untuk destinasi ekstrem ini.

Dulu, jalan raya yang dilalui ketika di sitinjau lauik hanyalah jalan sederhana yang berbatu dan terbuat dari tanah biasa, sehingga ketika hujan menjadi becek dan licin. Jalanan di sini pun tidak jarang ditutup karena rawan longsor. Lalu, jika musim panas, jalanan ini akan kekeringan dan berdebu.

keindahan alam yang disajikan di tempat ini membuat orang-orang bertahan untuk melalui jalan tersebut. Banyaknya orang yang menggunakan jalan ini akhirnya membuat jalan diperbaiki, sehingga jalan Sitinjau Lauik telah berubah menjadi jalan aspal cantik yang memiliki pesona yang indah di sepanjang jalannya. (Redaksi)

Sumber : Net

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال