Sempat Diragukan, Lionel Scaloni Sukses Bawa Argentina Juarai Piala Dunia 2022

Arsitek Timnas Argentina, Lionel Sebastián Scaloni saat memamerkan Piala Piala Dunia Qatar usai mengalahkan timnas Prancis di final, Minggu (18/12/2022) malam. Foto/IST

POSSINDO.COM, Olahraga - Pelatih Lionel Sebastián Scaloni sukses membawa Timnas Argentina meraih Piala Dunia 2022. Capaian tersebut tentu tidak pernah dibayangkan oleh Scaloni. 

Bahkan sebelumnyam penunjukan dirinya menjadi pelatih tim berjuluk La Albiceleste banyak diragukan, karena dirinya yang dianggap masih muda dan minim pengalaman.

Awal mula karier Lionel Scaloni di Timnas Argentina tak diproyeksi sebagai pelatih tetap. Scaloni ketika itu menggantikan Jorge Sampaoli yang dipecat pada 15 Juli 2018 karena Argentina gagal total pada Piala Dunia 2018.

Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) kemudian menunjuk Lionel Scaloni yang merupakan asisten dari Sampaoli sebagai pelatih sementara. Rencananya, Scaloni hanya akan memimpin Argentina pada dua pertandingan saja.

Namun, belakangan AFA berubah pikiran dan langsung memberikan kontrak pada Lionel Scaloni pada 2 Agustus 2018. Scaloni memang dipersiapkan untuk memimpin Timnas Argentina pada Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar.

Berhasil Menangi Copa America 2021

Penampilan Timnas Argentina di bawah asuhan Lionel Scaloni kemudian semakin membaik. Tak sampai setahun setelah mendapatkan kontrak permanen, Scaloni hampir mempersembahkan gelar Copa America 2019.

Sayangnya, laju Timnas Argentina terhenti pada babak semifinal setelah kalah 0-2 dari Brasil. Argentina pun ketika itu harus puas menempati peringkat ketiga Copa America 2019.

Scaloni akhirnya berhasil mempersembahkan gelar perdana bersama Timnas Argentina pada 2021. Ketika itu, Scaloni membantu Argentina menjuarai Copa America 2021 setelah mengalahkan Brasil dengan skor 1-0 pada laga final.

Tangan dingin Lionel Scaloni kemudian sukses mengantarkan Timnas Argentina ke Piala Dunia 2022. Ketika itu, Lionel Messi dkk menempati peringkat kedua pada klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Argentina berada di bawah Brasil yang menjadi pemuncak. Argentina mengemas 39 poin hasil 17 pertandingan.

Uniknya, Argentina tak terkalahkan sepanjang Kualifikasi Piala Dunia 2022. Skuad La Albiceleste meraih 11 kemenangan dan enam kali imbang berkat strategi genius dari Lionel Scaloni.

Pelatih Termuda Argentina

Arsitek timnas Argentina Lionel Scaloni tercatat sebagai pelatih termuda di Piala Dunia 2022 Qatar. Lahir di Rosario, Argentina, 16 Mei 1978, Scaloni baru berusia 44 tahun saat meramu taktik tim Tango di Piala Dunia 2022. 

Pada Minggu (18/12/2022) malam WIB, Lionel Scaloni berhasil mengantarkan Argentina juara Piala Dunia 2022. Sukses tersebut diraih usai La Albiceleste membungkam Perancis dalam laga final yang digelar di Lusail Iconic Stadium, Lusail, Qatar.

Pasukan Scaloni menaklukkan Les Bleus via adu penalti (4-2) setelah duel Argentina vs Perancis tuntas dengan skor 3-3 dalam 120 menit.

Lionel Scaloni dan semua anggota timnas Argentina pun larut dalam kegembiraan, merayakan kesuksesan tim. Satu yang menarik dari Scaloni adalah dia mengenakan jersey U20 Argentina tahun 1997 bernomor 18 saat mengangkat trofi Piala Dunia.


Lionel Sebastián Scaloni saat membela Lazio dikarir sepakbolanya. Foto/Net

Itu adalah seragam yang dipakai Scaloni ketika juara Piala Dunia U20 (FIFA Youth Championship) 1997 di Malaysia bersama Argentina.

Lionel Scaloni menjadi pelatih termuda kedua yang menjuarai Piala Dunia setelah kompatriotnya, Cesar Luis Menotti, pada 1978. Scaloni berusia 44 tahun 216 hari saat menjuarai Piala Dunia 2022.

Sementara, usia Menotti ketika mengangkat trofi Piala Dunia 1978 adalah 39 tahun 232 hari. Bagi Scaloni, gelar Piala Dunia ini merupakan prestasi puncak setelah sebelumnya mempersembahkan trofi Copa America 2021 dan Finalissima 2022. (Redaksi)

Tulisan dirangkum dari Kompas.com, bolasport.com.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال