BPBD Balangan Berikan Pelatihan Pencegahan Bencana Pada Perangkat Lapangan

Sejumlah perangkat lapangan mulai linmas hingga Ketua RT saat mengikuti pelatihan pencegahan Bencana dari BPBD Balangan, Rabu (21/12/2022) tadi. Foto/IST

POSSINDO.COM, Balangan – Untuk mendukung upaya pencegahan Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Balangan, Pemkab setempat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) merangkul unsur perangkat lapangan mulai dari anggota linmas Para Ketua rt, BPD dan Aparat desa untuk dilatih ketrampulan pencegahan karhutla pada Rabu (21/12/2022) tadi.

Dikatakan Kepala Pelaksana BPBD Balangan, H Rahmi, pelatihan dilakukan oleh Tim reaksi Cepat yang merupakan sayap BPBD untuk penanganan karhutla dan bencana yang terjadi di wilayah Kabupaten Balangan.

“Pelatihan dilakukan rutin, sejak setengah bulan terakhir. Mereka diberikan pemahaman dasar bagaimana mengatasi jika terjadi musibah dan bencana diwilayah masing-masing.Khususnya yang sering terjadi yakni bencana banjir dan musibah kebakaran," ujar H Rahmi.

Selain teori, para peserta juga diajarkan praktek lapangan dalam penggunaan alat-alat pemadam. Mulai dari cara menghidupkan mesin sampai dengan cara menggunakannya. Alat-alat yang diajarkan disebut merupakan alat portable sederhana yang diyakini juga dimiliki masing-masing perangkat desa.

“Alatnya mudah digunakan dan skala rumahan, bahkan beberapa desa saat ini sudah ada yang menganggarkan alat mesin pemadam, sehingga dengan adanya latihan linmas ini dapat meminimalisir musibah kebakaran. Kegiatan ini adalah terobosan BPBD Balangan untuk menguatkan upaya pencegahan di tingkat Desa,” tukasnya. (Wahid)

Editor : Dedy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال