BPBD Balangan Imbau Warga Bersihkan Pekarangan Untuk Hindari Ular Kobra

Tim Animal Rescue bentukan BPBD Balangan saat mengevakuasi ular Kobra di salah sarru rumah warga. Foto/ BPBD Balangan

POSSINDO.COM, Balangan – Seringnya terjadi kasus manusia terpatuk ular kobra bahkan ada yang sampai meninggal, menjadikan perhatian serius Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Balangan.

Untuk menghindari korban jiwa, Kepala Pelaksana BPBD Balangan, H Rahmi mengimbau pada masyarakat untuk waspada dengan ancaman hewan berbisa tersebut. Terlebih sampai Januari 2023 mendatang diprediksi masih musim hujan yang menjadi musim anak ular kobra menetas, sehingga anak-anak ular kobra banyak bermunculan di permukiman warga.

“Jadi pertama wajib waspada. Kemudian juga kita imbau agar yang rumahnya dekat dengan sawah atau perairan untuk bisa menjaga kebersihan. Terutama pada bagian dapur dan pekarangan belakangan rumah,” imbau H Rahmi.

Dikatakan dirinya, Hewan seperti ular sangat suka tinggal didaerah lembab dan gelap. Untuk itu warga diimbau untuk rutin membersihkan pekarangan rumahanya, terutama pada tumpukan sampah atau ilalang, semak belukar.

“Jika lingkungan bersih, maka dapat mencegah hewan seperti ular untuk tinggal. Kalaupun misal terlanjur rumah atau pekarangannya menemui hewan berbisa tersebut sebaiknya jangan mengambil Tindakan sendiri. Segera hubungi petugas Animal Recue dari BPBD Balangan untuk melakukan evakuasi,” tukasnya. (Wahid)

Editor : Dedy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال