Bupati Abdul Hadi Hadiri Event Budaya di Desa Kapul Kecamatan Halong

Bupati Balangan H Abdul Hadi saat melihat berbagai kerajinan buatan warga Desa Kapul Kecamatan Halong usai membuka acara budaya, Sabtu (17/12/2022) tadi. Foto/Net

POSSINDO.COM, Balangan – Pameran Budaya Desa dengan tema "Eksotisme Warisan Budaya Meratus" di Desa Kapul, Halong, pada Sabtu (17/12/2022) tadi resmi dibuka Bupati Balangan H Abdul Hadi yang hadir bersama beberapa kepala OPD Pemkab Balangan.

Diselenggarakan oleh Wadian Tambai, yakni sebuah kelompok pemuda Desa Kapul yang bergerak dalam dalam mendukung pengembangan pelestarian adat, tradisi, budaya daerah dan kearifan lokal.

Ketua panitia kegiatan, Anto menjelaskan jika tujuan gelaran tersebut sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan rasa cinta dengan budaya Dayak yang ada di Desa Kapul. Kegiatan tersebut menurut dirinya rutin digelar oleh warga dan didukung penuh masyarakat Desa kapul.

"Kegiatan ini sebagai bentuk cinta kami akan leluhur nenek moyang kami, budaya Dayak yang ada di Desa Kapul, dengan menampilan beberapa tari tradisional dan bazar. Kami akan berupaya kedepan acara seperti ini terus rutin dan lebih meriah lagi" ungkap Anto.

Sementara itu Bupati Balangan, Abdul Hadi menyampaikan rasa bangga dan memberikan apresiasi atas kreatifitas dan prestasi para pemuda Balangan yang begitu mencintai akan budaya lokal. Menurut orang nomor satu dibumi sanggam tersebut, kedepan agar event-event serupa bisa rutin terselenggara.

“ Pemerintah daerah tentu sangat mendukung berbagai upaya yang menjaga nilai-nilai kearifan lokal budaya yang ada di Kabupaten Balangan. Bahkan jika digarap lebih serius, acara seperti ini bisa menjadi destinasi wisata budaya dan mendatangkan sumber ekonomi bagi warga sekitar,” tukasnya. (Wahid)

Editor : Dedy


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال