Cara Atasi Sariawan Tak Kunjung Sembuh

Ilustrasi, Sariawan tak kunjung sembuh. Foto/Net

POSSINDO.COM, Ragam – Setiap orang mungkin sering mengalami sakit sariawan berkepanjangan yang tak kunjung sembuh bahkan sering kambuh. Penyakit ini terlihat sepele, namun efeknya bisa mengganggu ketika sedang mengkonsumsi makanan ataupun minuman.


Perlu di ketahui juga bahwa seseorang yang dengan mudahnya terserang penyakit ini bisa dikarenakan ada beberapa sebab yaitu pada tubuhnya telah mengalami gangguan kesehatan yang cukup serius. Seperti mengidap penyakit crohn, celiac, radang usus, infeksi HIV, dan bisa jadi karena kekurangan gizi.

Untuk itu agar bisa terhindar dari sakit mulut atau sariawan yang sering kambuh ini, harus bisa melakukan pencegahan. Salah satu cara mudahnya rajin menjaga kebersihan mulut seperti menggosok gigi. Cara ini bisa dibilang sangat sederhana, namun terlihat sulit bagi yang tidak mau melakukannya.

Tujuan menjaga kebersihan pada mulut, sebenarnya memiliki banyak manfaat, karena selain bisa terhindar dari berbagai jenis kuman yang bisa menimbulkan sakit sariawan, juga menjaga gigi tidak mudah rusak atau keropos. Selain itu agar terhindar dari sariawan cara mudahnya yakni kurangi memakan makanan yang mengandung banyak minyak, pedas, dan asam.

Rutin mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan gizi, juga bisa mencegah terjadinya sariawan berkepanjangan. Perlu diketahui buah-buahan memiliki kandungan kaya vitamin bisa membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit. Daya tahan tubuh seseorang akan bertambah apabila secara rutin mengonsumsi makanan sehat tersebut.

Dalam melakukan pencegahan sakit sariawan, sebenarnya tubuh manusia juga membutuhkan cairan yang cukup, agar tidak mudah mengalami dehidrasi. Hal itu juga yang dapat memicu munculnya sariawan akibat mulut kering.

Ada hal lain dalam mencegah terjadi sariawan, bagi yang suka mengkonsumsi minum kopi harus bisa menguranginya hal ini dikarenakan kandungan kafein yang tinggi bisa membuat mulut menjadi kering.

Pada kopi terdapat kandungan asam sitrat dan ini juga bisa mengiritasi jaringan lunak di bagian mulut. Oleh sebab itu supaya terhindar dari mulut kering yang menyebabkan sariawan, seseorang perlu cairan air putih.

Maka dari itu, cara mengatasi sariawan yang tak kunjung sembuh, selain harus membutuhkan asupan protein dan cairan, juga bisa menambah koncumsi vitamin C sebagai pelengkap. Hal ini agar tubuh menjadi lebih sehat dan tidak mudah terserang berbagai penyakit, seperti sariawan. (Arief Suseno)

Dirangkum berbagai sumber

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال