Cegah Pengeroposan Pada Gigi di Usia Muda

 Ilustrasi, menjaga kebersihan gigi, mencegah terjadinya pengeroposan gigi di usia muda. Foto/Net

POS SINDO.COM, Ragam – Sering terjadi seseorang di usia muda sudah mengalami pengeroposan pada giginya. Hal ini disebabkan karena kuarangnya menjaga pola hidup sehat.

Menjaga kesehatan khususnya pada bagian gigi sebetulnya tidak terlalu sulit, asalkan secara rutin rajin mengosok gigi pagi dan malam. Akan tetapi, masih banyak sebagian orang yang mengabaikan soal kebersihan pada bagian jaringan tubuh untuk pengunyah ini, sehingga tidak dipungkiri jika sewaktu-waktu terjadi pengeroposan karang gigi.

Sebetulnya manusia akan mengalami gigi copot setelah memasuki usia 45-60 tahun, namun sekarang ini tidak mesti pada usia-usia tersebut melainkan di usia muda juga bisa terjadi. Jika kita ketahui bahwa tingkat gaya hidup yang berlebihan, juga bisa merupakan dari salah satu penyebab terjadinya pengeroposan gigi di usia muda.

Selain itu juga kurangnya asupan yang mengandung banyak vitamin pada tubuh seperti kekurangan vitamin A bisa membuat gigi menjadi rapuh. Kemudian vitamin D yang dapat menurunkan penyerapan kalsium dan fosfor. 

Perlu diketahui bahwa apabila tubuh seseorang cukup mendapatkan asupan-asupan vitamin maka bisa membantu pembentukan kekuatan pada gigi, dan tidak mudah keropos atau terkikis.

Ada hal-hal yang haru kita ketahui penyebab lainnya yang mengakibat gigi keropos di usia muda, karena keseringan mengkonsumsi minuman mengandung alkohol dan kafein. Dikarenakan selain tidak baik untuk kekuatan pada gigi, juga membahayakan kesehatan tubuh seseorang.

Kemudian berlebihan meminum-minuman dengan kandungan kadar besar seperti mengandung kafein besar bisa menyebabkan gigi seseorang berlubang, dan menimbulkan karang gigi menjadi kuning. Hal tersebut karena bahan yang terkandung pada kafein dapat menimbulkan lapisan plak pada permukaan gigi, sehingga gigi mudah cepat ternoda.

Pengeroposan gigi terjadi akibat terkikisnya enamel di gigi yang disebabkan oleh zat asam. Selain itu juga bisa karena kondisi medis tertentu seperti, mulut kering, penyakit asam lambung, atau orang yang keseringan mengonsumsi obat-obatan antihistamin, juga berisiko untuk mengalami gigi lebih mudah keropos.

Maka dari itu harus dilakukan pencegahan terjadinya gigi keropos di usia muda. Cara sederhananya adalah selalu menjaga pola hidup bersih, sehat, dan mulailah untuk mengurangi konsumsi minuman berlebihan yang bisa menyebabkan terjadinya pengeroposan pada gigi. (Arief Suseno)

Dirangkum berbagai sumber

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال