Cegah Pengeroposan Tulang Dengan Pola Hidup Sehat

Gambar ilustrasi pengeroposan tulang. Foto/ Net

POSSINDO.COM, Ragam – Osteoporosis atau disebut pengeroposan pada tulang manusia, ternyata bisa menyerang siapa saja tak terkecuali usia muda. Hal ini dikarenakan kurangnya menerapkan pola hidup sehat.

Perlu diketahui bahwa osteoporosis jarang sekali menimbulkan gejala, akan tetapi dapat diketahuinya jika seorang penderita penyakit tersebut pernah terjatuh dan mengalami cedera hingga menyebabkan terjadinya patah tulang. Selain itu terjadinya pengeroposan juga bisa dikarenakan pola hidup yang kurang sehat. Seperti tidak pernah mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi kaya akan kalsium.

Kurangnya asupan kalsium pada tubuh tertentunya sangat berisiko, sehingga mudah terserang terjadinya osteoporosis di usia muda. Maka dari itu pentingnya konsumsi makanan berserat seperti perbanyak buah-buahan dan sayuran, cara tepat untuk mencegahnya. Kemudian untuk asupan lainnya bisa ditambah dengan meminum susu untuk membantu meningkatkan kesehatan tulang.

Untuk diketahui selain orang dewasa anak-anak juga mudah terkena osteoporosis, yakni pada usia 8-14 tahun. Agar tidak sampai berlanjut ke usia dewasa hingga tua nanti, maka perlu meningkatkan hidup sehat harus dilakukan sejak dini. Hal ini dikarenakan tulang di usia anak-anak memiliki persamaan dengan lansia. Anak dengan osteoporosis juvenil juga mengalami penurunan kepadatan tulang, sehingga memiliki tulang yang rapuh atau bahkan rentan patah.

Oleh sebab itu agar tidak terjadi berkurangnya kepadatan tulang, seseorang harus mulai melatihnya kembali dengan rutin berolahraga. Tujuannya adalah agar tulang bisa kembali kuat karena terbiasa bekerja. Ada cara sederhana untuk mencegah osteoporosis, selain rutin berolahraga juga harus tercukupi asupan kalsium. Apalagi, bagusnya jika ditambah mengkonsumsi vitamin D.

Bahayanya lagi apabila seseorang terserang osteoporosis pada usia muda yang harus dikhawatirkan nantinya, tidak bisa beraktivitas dengan baik. Setiap harinya akan merasakan nyeri pada tulang di tubuhnya akibat telah terjadi pengeroposan. Untuk itu pentingnya meningkatkan pola hidup sejak dini, cara tepat mencegah terjadinya osteoporosis. Setidaknya bisa dilakukan secara berkala.(Arief Suseno)

Dirangkum berbagai sumber


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال