Cegah Penumpukan Sampah Jelang Natal, DLH DKI Jakarta Kerahkan 1.760 Personel

 Para personel kebersihan di Jakarta terlihat sedang membersihkan sampah-sampah. Foto/NET

POSSINDO.COM, Jakarta – Menjelang perayaan Natal yang hanya tinggal beberapa hari lagi, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta mengerahkan sejumlah para personelnya untuk menanggulangi apabila terjadi timbulnya sampah. Hal itu dilakukan guna menjaga dan menciptakan kebersihan lingkungan yang ada di daerah setempat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto menyatakan, ada sebanyak 1.760 personel petugas kebersihan yang tersebar di setiap kecamatan di Jakarta. Kegiatan penanganan kebersihan ini rencananya terus berlangsung selama perayaannya dan Pasca Natal.

"Meski bertepatan pada hari libur, pasukan oranye DLH tetap bekerja seperti biasa. Seluruh Suku Dinas Lingkungan Hidup tingkat Kota Administrasi dan Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup di tiap kecamatan telah diinstruksikan untuk mengantisipasi kebersihan lingkungan gereja di wilayah tugasnya masing-masing," kata Asep Kuswanto, pada (21/12/2022) Rabu tadi.

Lanjut terangnya, DLH DKI Jakarta juga akan menurunkan minimal 40 personel dalam penanganan kebersihan di setiap kecamatan. Mereka ditugaskan untuk memastikan pada perayaan Natal bisa berlangsung dengan baik. Selain itu DLH juga akan mengerahkan regu comot di lingkungan gereja untuk bekerja sama dengan Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) yang di setiap masing-masing Kelurahan.

Dalam penanganan sampah di perayaan tersebut, DLH juga telah mempersiapkan sejumlah fasilitas alat bantu seperti, kendaraan angkut sampah, road sweeper atau mobil penyapu jalan otomatis, toilet mobile, tempat sampah beroda, dan menyiagakan TPST Bantargebang beroperasi 24 jam untuk melakukan pelayanan di malam Natal.

"Untuk gereja-gereja besar yang jemaatnya ramai, petugas dan armada penanganan kebersihan ditugaskan lebih optimal. Misalnya di Gereja Katedral dan Emanuel Jakarta Pusat, Gereja Ayam di Jakarta Barat, Gereja Advent dan HKBP Pasar Minggu Jakarta Selatan, Gereja Theresia Jakarta Timur, dan Gereja Tiberias Indonesia Kelapa Gading Jakarta Utara," tuturnya.

Asep Kuswanto menambahkan, selama libur Natal, pihaknya akan tetap mengantisipasi penanganan kebersihan di tempat-tempat wisata yang ada di Jakarta. Seperti di Kawasan Monas, Taman Margasatwa Ragunan, Kawasan Ancol, Kawasan Kota Tua, dan Taman Mini Indonesia Indah. (Arief Suseno)

 

Editor : Dedy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال