Pemrov DKI Jakarta Libatkan UMKM Di Festival Malam Tahun Baru 2023

Ilustrasi UMKM binaan Jakpreneur. Foto/NET

POS SINDO.COM, Jakarta - Menyambut datangnya malam pergantian tahun yang tinggal menunggu beberapa hari lagi. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (DPPKUKM) berencana menggelar Festival Malam Tahun Baru 2023. Pagelaran ini turut melibatkan puluhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari binaan Jakpreneur.

Kepala Dinas DPPKUKM DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo mengungkapkan, di gelaran kali ini melibatkan UMKM dari bidang kuliner. Para UMKM nantinya menggelar bazar di beragam acara yang dinisiasi oleh Dinas Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta pada 31 Desember 2022 mendatang.

Ia mengatakan, untuk lokasi yang di jadikan tempat puncak acara pergantian tahun yakni di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Selain itu juga ada di beberapa titik lokasi panggung hiburan Malam Muda-Mudi sepanjang Jalan Thamrin sampai Jalan Sudirman, serta di lokasi acara wilayah kota.

"Terkait dengan pembayaran, kami mendukung program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT). Sehingga, pembayaran dilakukan secara cashless menggunakan QRIS Jakpreneur. Metode pembayaran ini dapat meminimalisir penularan COVID-19 karena mengurangi interaksi langsung antara pembeli dan pedagang, serta memudahkan UMKM dalam penghitungan omzet," ujar Elisabeth Ratu, seperti yang dikutip dari PPID DKI Jakarta, (28/12/2022) Rabu tadi.

Lanjut dikatakan Elisabeth Ratu, kurang lebih ada sebanyak 110 UMKM yang dilibatkan. Untuk 60 UMKM akan membuka bazar di acara Malam Muda-Mudi sepanjang Jalan Thamrin hingga Jalan Sudirman. Seperti di sekitaran panggung Stasiun MRT, Jalan Imam Bonjol, Gedung Davinci, FX Sudirman, gate way SCBD, dan di sekitar panggung Patung Pemuda Senayan masing-masing ada 10 UMKM.

"UMKM tersebut telah melalui proses kurasi yang mempertimbangkan kualitas produk, packaging, dan kesiapan produksi. Sehingga, produk yang dijual kepada masyarakat telah terstandardisasi dengan baik dan aman," katanya

"Kami juga mengimbau masyarakat yang ingin hadir dalam acara tersebut dapat turut mendukung pembayaran cashless dengan tidak membawa banyak uang tunai, serta turut bersama-sama peserta UMKM dan petugas dalam menjaga kebersihan lokasi acara dengan tidak membuang sampah sembarangan," tukas Elisabeth.

Perlu di ketahui bagi masyarakat yang ingin hadir menonton Festival Malam Tahun Baru 2023 yang tersebar di berbagai lokasi ini, bisa membeli dan merasakan langsung kualitas produk unggulan para UMKM binaan Jakpreneur ini. Untuk Bazar UMKM ini di buka mulai pukul 18.00 WIB. (Arief Suseno)

Editor : Dedy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال