Dunia Sepakbola Berduka. Legenda Brasil, Pele Meninggal Dunia

 Edson Arantes do Nascimento atau Pele legenda sepak bola dunia dari Brasil dengan seragamnya nomor punggung 10. Foto/Ist.

POS SINDO.COM, Olahraga - Kabar duka menyelimuti insan sepak bola dunia setelah mendengar kabar salah satu Legenda Brasil, Pele meninggal dunia di usia 82 tahun (1940 - 2022), pada 29 Desember 2022 Kamis tadi waktu setempat di Sao Paulo, Brasil.

Seperti yang diketahui, Pele berpulang setelah sekian lama bertarung melawan kanker. Beberapa tahun terakhir, Pele mengalami sejumlah masalah kesehatan dan harus melawan sakitnya tersebut. Segala perawatan ia terima dari para dokter yang merawatnya, hingga menjalani berbagai operasi untuk pengangkatan tumor di usus besarnya pada September 2021 silam.

Menjelang akhir tahun 2022, Pele kembali dilarikan ke rumah sakit. Begitu pula kondisinya tidak kunjung membaik. Bahkan di tengah-tengah turnamen Piala Dunia 2022 silam, muncul kabar bahwa Pele sudah tidak lagi menggunakan alat-alat pendukung kesehatan (life support).

Di Piala Dunia 2018 sebelumnya Pele juga sempat tampil dan dibantu dengan kursi roda. Semuanya mengatakan yang sama tentang kondisinya dan Pele harus dilarikan ke rumah sakit usai turnamen tersebut karena kelelahan.

Dilansir dari Associated Press, kematian juara Piala Dunia tiga kali itu dikonfirmasi oleh sang agen, Joe Fraga. Kondisi Pele dalam satu bulan belakangan ini terus menjalani perawatan intensif di rumah sakit setelah menderita berbagai penyakit. Pada 2021 lalu, Pele sempat menjalani pengobatan kanker usus besar sejak 2021 yang membuatnya harus beberapa kali naik meja operasi.

Putri Pele, Kely Nascimento, juga mengonfirmasi kabar kepergian ayahnya di Instagram melalui sebuah unggahan. "Semua yang kami miliki adalah berkat Anda. Kami mencintaimu tanpa batas. Istirahat dengan damai," tulis Kely.

Karir Sang Lengenda Brasil

Pele, yang lahir di Tres Coracoes, Brasil, pada 23 Oktober 1940, dikenal sebagai salah satu pemain sepak bola terhebat sepanjang masa dan menjadi satu-satunya pemain yang memenangkan tiga Piala Dunia pada 1958, 1962 dan 1970.

Selama 21 tahun karir bermainnya, The King - julukan Pele - dikatakan telah mencetak 1.283 gol dalam 1.363 pertandingan senior untuk klub dan negara, meskipun jumlah tersebut menjadi perdebatan.

Secara prestasi bersama klub, Pele sangat sukses bersama Santos dengan meraih enam gelar Campeonato Brasileiro Serie A, dua mahkota Copa Libertadores, dua Piala Interkontinental, dan satu Piala Super Interkontinental. Ia sempat bermain di AS bersama New York Cosmos dan membantu mereka memenangkan Liga Sepak Bola Amerika Utara (NASL) pada tahun 1977.

Sebelum tutup usia, dalam sebuah laporan medis yang dirilis pada 21 Desember lalu mengatakan bahwa kanker Pele semakin parah. Di perayaan Natal keluarga harus berkumpul bersamanya di rumah sakit, karena dia masih memerlukan perawatan untuk masalah jantung dan ginjal. Kini Pele harus berpulang tetapi tidak dengan kisah sepak bolanya yang tetap abadi selamanya. (Arief Suseno)

Sumber : Kompas.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال