Festival Dayung Ciliwung Di Jakarta, Ajak Masyarakat Peduli Sungai

Para peserta Festival Dayung Ciliwung terlihat sangat antusias. Puluhan perahu kano berbaris menyusuri sungai, (4/12/2022) Minggu tadi. (Foto/Net)

POS SINDO.COM, Jakarta - Dalam upaya memberikan kesadaran terhadap masyarakat tentang kepedulian menjaga alam dan kebersihan Sungai Ciliwung. Pemprov DKI Jakarta mengadakan Festival Dayung Ciliwung pada (4/12/2022) Minggu lalu.

Kegiatan yang diikuti para atlet muda ini, dengan memulai star dari sekitaran Rusun Pasar Rumput, dan berakhir di dermaga Stasiun BNI City berjalan meriah. Diadakannya festival tersebut sekaligus sebagai ajang mendukung segala kegiatan olahraga dan pembinaan para atlet khususnya yang ada di daerah setempat. Kegiatan ini juga digagas oleh Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI).

Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia yang juga menjadi Ketua Umum PB PODSI, Basuki Hadimuljono secara simbolis membuka acara tersebut dan melepas sebanyak 80 perahu dayung berjenis kano.

Menurut Heru Budi Hartono, seperti yang dikutip dari laman resmi PPID DKI Jakarta mengatakan, melalui kegiatan festival ini selain untuk mempopulerkan olahraga dayung, juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Jakarta dalam menjaga dan memelihara sungai, khususnya Sungai Ciliwung.

"Di sini yang terpenting, saya imbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai. Sungai Ciliwung adalah aset milik kita, harus dijaga. Saya berharap, melalui Festival Dayung di Sungai Ciliwung dapat menyadarkan masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai," tegasnya.

Ia juga mengapresiasi PB PODSI atas terselenggaranya kegiatan Festival Dayung Ciliwung tersebut. Pada kegiatan festival ini juga sekaligus untuk mempublikasikan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Cabang Olahraga Dayung di Situ Cipule Karawang, Jawa Barat yang rencananya diselenggarakan pada 8-20 Desember 2022 mendatang.

Senada dengan Pj Gubernur Heru, Ketua Umum PB PODSI, Basuki Hadimuljono menegaskan bahwa kegiatan festival dayung di Sungai Ciliwung dimaksudkan untuk menggencarkan gerakan menjaga kebersihan Sungai Ciliwung.

"Tujuan kami bukan hanya sekedar mempopulerkan olahraga dayung saja, tetapi untuk selalu memelihara Ciliwung. Kita juga melakukan bersih-bersih Ciliwung supaya sungai ini bisa dipakai oleh masyarakat dan bisa bermanfaat untuk kita semua," pungkasnya. (Arief Suseno)

Editor : Dedy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال