Gunung Semeru Muntahkan Awan Panas. Status Level 4

Erupsi Pada Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timut, Membuat status jadi level 4. Foto/ BPNB

POSSINDO.COM, Lumajang - Gunung Api Semeru dilaporkan mulai memuntahkan Awan Panas Guguran (APG) pada Minggu (4/12) sejak dini hari. Sumber awan panas itu berasal dari tumpukan di ujung lidah lava sekitar 800 meter dari Kawah Jonggring Saloko.

Berdasarkan pantauan CCTV Semeru yang beredar, fenomena ini berlangsung hingga pagi dengan jarak luncur hingga tujuh kilometer. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi bencana Geologi (PVMBG) mengimbau masyarakat untuk tidak beraktivitas dalam radius lima kilometer dari kawah atau pundak Gunung Api Semeru.

Atas perubahan tersebut, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi ESDM menaikkan status Gunung Semeru dari siaga menjadi awas. Kenaikan dari level 3 siaga ke level 4 itu terhitung mulai siang ini.

Kenaikan status dimulai pukul 12.00 WIB. Kepala PVMBG Badan Geologi Hendra Gunawan mengimbau agar tidak ada aktivitas dalam radius 8 km dari puncak Gunung Semeru.

"Tidak ada aktivitas dalam radius 8 km dari puncak, dan sektoral arah Tenggara (Besuk Kobokan dan Kali Lanang) sejauh 19 km dari puncak. Surat resmi peningkatan status segera disampaikan," ujar Hendra Gunawan dalam keterangan tertulis. (Redaksi)

Sumber : Kompas



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال