Gunung Semeru Mulai Semburkan Erupsi, Warga Diminta Waspada

Gunung Semeru yang ada di Lumajang, Jawa Timur sejak Sabtu (3/12/2022) mulai menampakan asap putih tanda terjadinya erusi. Foto/ IST

POSSINDO,CIN,Lumajang – Warga Lumajang Jawa Timur pada sabtu, (3/12/2022) tadi dibuat geger dengan kepulan asap tebal dari puncak gunung semeru. Rupanya di waktu itu terjadi erupsi di puncak Gunung Semeru yang dikenal dengan nama Jonggring Saloko tersebut dengan ketinggian ± 500 m di atas puncak (± 4176 m di atas permukaan laut).

Dikutip dari laporan Ketua Kepala Pos Pantau Gunung Api (PPGA) Semeru, Liswanto AP saat itu nampak imbauan pada masyarkat agar sekitar semeru untuk berhati-hati dan menjaga jarak dari wilayah gunung.

“Tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi). Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak,” imbau Liswanto AP.

Dirinya juga meminta warga untuk bisa mewaspadai potensi awan panas guguran (APG), guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai dan lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru.

“Terutama sepanjang besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan.” pungkasnya. ( Ikhsan )

Editor : dedy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال