Ikan Tiger Fish Mulai Diburu Warga Pulang Pisau, Karena Harga Jual Tinggi

Ikan Babat atau Tiger Fish belakangan ramai diburu para kolektor ikan hias. Foto/IST

POSSINDO.COM, Pulang Pisau - Belakangan ini banyak pemburu dan pengepul ikan hias mencari ikan unik jenis tiger fish atau dikenal dengan nama lokal ikan babat atau ikan tambuwok di wilayah Pulang Pisau. 

Tiger fish sendiri memiliki warna dan corak sisik yang sempurna. Bentuknya sekilas mirip ikan sepat, namun tubuhnya lebih pipih dan berisi. Warna dominan keemasan dibalut tanda hitam menjadikan jenis ikan air tawar tersebut sering jadikan ikan hias sehingga memiliki harga jual cukup tinggi. 

Pantauan media ini dibeberapa linimasa media sosial Wilayah Pulang Pisau. Untuk harga ikan babat atau tiger fish, pembeli menghargai dari harga 25 Ribu per ekor untuk ukuran 1 cm dan mencapai 500 ribu pe ekor Jika ukurannya mencapai 10 cm keatas. 

Awuk, salah satu pembeli saat dihubungi media ini menyampaikan jika harga tersebut bisa lebih tinggi lagi jika ikan yang dijual memiliki corak atau bentuk yang bagus serta ukuran yang besar. 

"Ikannya kami jual lagi untuk pembeli di Kota Palangkaraya dan Banjarmasin. Karena memang ada pesanan khusus dari pecinta ikan hias jenis tiger fish, " Ujarnya. 

Hal yang sama dikatakan Jainudin, pria asal palangkaraya ini mengaku mengumumkan pencarian ikan Babat lewat media sosial karena bisa dibaca banyak orang. Bahkan menurutnya beberapa penjual yang menawarkan ikan tiger fish pada dirinya tahu karena membaca info di FB. Beberapa penjual ikan babat dikatakan Jainudin ada yang dari Wilayah Jabiren Raya dan Mantaren. 

"Pengakuan mereka, ikan tersebut dapat saat memasang jebak ikan. Ada juga yang dapat memancing. Memang di perairan sungai Kahayan ikan ini banyak hidup, cuma memang tidak sebanyak dulu, " Ungkap Awuk. 

Pantauan media ini, ikan tiger fish atau ikan Babat sendiri belum dinyatakan sebagai jenis ikan langka. Alhasil pencarian jenis ikan air tawar ini banyak dicari untuk hiasan. 

Kepala Dinas Perikanan Pulang Pisau, Slamet Untung Rianto saat dibincangi media ini terkait adanya pemburuan ikan Tiger Fish di Pulpis, mengaku belum dapat info.

" Mohon maaf, saya cari dulu infonya ini, " Ujar Slamet. 

Tentang Ikan Tiger Fish 

Ikan bebat atau tiger fish atau tiger barb fish sendiri adalah ikan asli Nusantara. Ikan ini bisa ditemukan di Pulau Kalimantan, Semenanjung Malaya, Thailand, dan juga Pulau Sumatera.

Di habitat asli mereka, ikan-ikan ini mendiami sungai yang tenang dengan naungan jajaran pohon, dan anak-anak sungai yang dilapisi pasir, batu, dan tumbuh-tumbuhan lebat.

Tiger fish memakan serangga, alga, dan invertebrata. Ikan ini juga menyukai air jernih dengan kadar oksigen tinggi.

Ikan ini bereproduksi dengan cara bertelur. Ketika dewasa, tubuh mereka bisa mencapai panjang 7-15 cm dan bisa bertahan hidup sampai usia enam tahun. (Sam) 

Editor : Dedy








Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال