Jalan-Jalan Ke Pasar Terapung Banjarmasin

Suasana Pasar Terapung Siring Tandean, Kota Banjarmasin. Foto/ IG Wandy_mh

POSSINDO.COM, Wisata – Jika anda berkunjung ke Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan maka cobalah untuk menikmati wisata Pasar terapung. Yakni sebuah Pasar tradisional yang transaksinya banyak dilakukan secara terapung, diatas perahu yang ada di titik titik Sungai.

Bahkan, Pasar Terapung kini sudah menjadi ikon wisata unggulan Kota Banjarmasin yang paling banyak diburu para pendatang. Diantaranya, pasar Terapung Pasar Terapung Muara Kuin, Pasar Terapung Siring  di Jalan Kapten Piere Tendean dan Pasar Terapung Lok Baintan.

Semua pasar tradisional tersebut memiliki ciri khas yang sama yakni pedagangnya menjajakan berbagai produk lokal dari atas "jukung" atau perahu tradisional.Baik itu aneka makanan tradisional banjar seperti nasi kuning, lontong dan soto Banjar. Kemudian juga ada jajajan kue khas Banjar serta berbagai buah, sayur dan tanaman hias hasil bumi warga sekitar.

Jika anda menginap di dekat Kota Banjarmasin, anda bisa mencoba pasar terapung  Terapung Siring yang ada di Jalan Kapten Piere Tendean, persis dekat Menara Pandang. Dari situ, anda bisa mendapati pemandangan dan sensasi yang unik, yaitu sekelompok pedagang berada di atas perahu yang menyapa pengunjung sembari berjualan.

Para pedagang dari atas jukung/ perahu nampak unik dengan olesan bedak dingin yang menutupi wajah mereka yang dipanggil dengan sebutan acil. Keberadaan kelompok perahu tersebut kian unik karena perahunya dihias berbagai warna.

Pemandangan Siring Lok Baintan, Kalsel. Foto/ IG Alwaandyy

Mereka juga fasih menyambut pendatang dengan sangat ramah, bahkan jika beruntung pengunjung akan disambut dengan aneka pantun selamat datang dan bisa gratis ikut berfoto dengan para pedagang disuguhi wiew sungai khas Banjarmasin.

Karena lokasinya yang berada di tengah kota, maka tidak perlu menggunakan perahu untuk bertransaksi dengan para pedagang, cukup berdiri di dermaga. Anda yang ingin mengunjungi, pasar terapung ini hanya buka pada akhir pekan. Hanya ada pada pagi hari, yakni mulai pukul 06.30 sampai 08.00 Wita.

Menariknya, wisatawan tidak dipungut biaya khusus untuk mengunjungi pasar terapung itu. Hanya membayar biaya parkir dan tentu saja menyiapkan pilihan belanja. Bisa belanja makanan untuk disantap ditempat ataupun belanja oleh-oleh untuk dibawa pulang. (Redaksi)

 Sumber : Dirangkum dari berbagai Referensi

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال