Jalan – Jalan Ke Wisata Bukit Tangkiling, Palangka Raya

Lokasi Bukit Tangkiling yang menjadi kawasan Wisata Alam Kota Palangkaraya. Foto/Palangkaraya.go.id

POSSINDO.COM, Wisata- Taman Wisata Alam Bukit Tangkiling merupakan salah satu objek wisata alam yang berada di Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah. 

Daerah ini mencakup mencakup seluruh wilayah perbukitan diantaranya Bukit Tangkiling, Bukit Baranahu, Bukit Buhis, Bukit Liau, Bukit Kitabala, Bukit Bulam, Bukit Tisin, Bukit Kalalawit, dan Bukit Tunggal.

Daya Tarik wisata Taman Wisata Alam Tangkiling, yaitu ekosistem alam flora dan founa hutan tropis, perbukitan, tanaman herbal/depot obat, kolam buaya, beruang, depot anggrek, panjat tebing, jalan refleksi, tracking hutan, dan pohon yang dilindungi (tengkawang, ulin), dan lebah madu.

Lokasi Gereja Karmel yang sering didatangi wisatawan saat menuju Bukit Tangkiling. Foto/IST

Salah satu lokasi yang sering menjadi incaran pengunjung saat menuju Bukit Tengkiling adalah wisata religinya. Di lokasi ini terdapat Bukit doa Karmel. Yakni lokasi yang sering dipakai berdoa bagi umat nasrani Katholik dari kota Palangkaraya.

Dilokasi pertapaan Karmel terdapat juga gereja dan juga patung 14 kisah sengsara dalam perjalanan Kristus. Selain itu, anda pun juga bisa untuk menemukan gua Maria dan juga penginapan yang memang disediakan bagi anda yang ingin untuk menginap.

Selain itu dilokasi sekitar Bukit Tangkiling juga terdapat Pura Sali Paseban yaitu lokasi religi bagi umat Hindu kaharingan. Tidak hanya wisata religi, Bukit Tangkiling juga memiliki pesona memukau. Pengunjung dapat menikmatinya jika mampu mendaki beberapa bukit batu hingga ke puncak.

Biasanya pada hari libur, Kawasan ini akan banyak didatangi pengunjung yang menyukasi wisata alam atau pendakian.

Akses dan Tarif Wisata Bukit Tangkiling

Alamat Bukit Tangkiling berada di Jalan Pariwisata RT 05/03 Kelurahan Banturung, Kecamatan Bukit Batu Kota Palangka Raya dengan titik Koordinat -1.998669, 113.753444.

 

Bukit Banama yang ada di Sekitar Bukit Tangkiling yang sering didatangi wisatawan untuk berfoto selfi. Foto/Net

Saat ini Kawasan tersebut dikelola oleh Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kementerian Lingkungan Hidup Unit Kalimantan Tengah alamat : Jalan Yos Sudarso No. 3 Kode Pos 32, Palangka Raya 73112

Akses menuju lokasi tersebut dapat ditempuh melalui jalur darat menggunakan transportasi umum seperti mobil, motor, dan bus wisata dengan jarak sekitar 34 km dengan waktu tempuh sekitar 30—45 menit dari pusat Kota Palangka Raya

Untuk Fasilitas yang bisa digunakan di Bukit Tangkiling, yakni Tempat parkir, kamar mandi/wc/toilet, perangkat keselamatan, air bersih, penerangan/listrik, tempat sampah, papan informasi tempat wisata, panggung hiburan, gazebo, camping area, tempat ibadah dan beberapa fasilitas lainya

Untuk perkiraan biaya masuk yakni sekitar Rp 5.000,00 untuk hari biasa (weekday) dan Rp 7.500,00 untuk akhir pekan (weekend) serta bagi wisatawan mancanegara dikenakan sekitar Rp 150.000,00 di setiap harinya. (Redaksi)

Sumber : Palangkaraya.go.id


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال