Kurang Tidur, Tubuh Rentang Terserang Penyakit

Ilustrasi, akibat kurang tubuh menjadi lebih mudah terserang penyakit. (Foto/Net)


POS SINDO.COM, Ragam – Istirahat dengan tidur yang baik sesuai porsinya bisa membuat daya tubuh tetap terjaga. Hal ini dikarenakan stamina yang sebelumnya habis terkuras usai beraktivitas, dengan beristirahat bisa mengembalikan lagi kekuatan daya tahan tubuh.

Perlu diketahui bahwa waktu tidur yang baik untuk kesehatan tubuh seseorang yakni selama 8 - 9 jam. Apabila terlalu berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan dan akan lebih mudah membuat badan bertambah lemas. Begitu pula sebaliknya, apabila kurang tidur cukup bisa rentan mudah terserang penyakit.

Ada beberapa resiko yang bisa dialami seseorang jika kurang tidur dalam sehari lebih rentan menderita penyakit seperti jantung, diabetes, obesitas, stroke, dan kanker. Maka dari itu pentingnya seseorang memperbaiki pola tidur. Hal ini bertujuan agar tidak mudah terserang penyakit-penyakit tersebut.

Selain itu yang perlu diketahui, bahwa kurang tidur juga bisa menyerang pada kesehatan mental dan mudah lupa. Orang yang kurang tidur cenderung lebih mudah mengalami masalah pada kesehatan mental, misalnya mudah stres hingga menyebabkan seseorang sulit berkonsentrasi. Kemudian juga cepat letih dan mudah marah.

Cara yang tepat seseorang terhindar dari penyakit sulit tidur dan mengembalikan jam tidurnya dengan baik yaitu perbanyak minum air putih, hindari makanan yang mengandung banyak minyak atau cepat saji, dan konsumsi Vitamin.

Dan terus, yang lebih penting adalah melakukan rutin olah raga sore. Itulah yang perlu kita ketahui bahwa bahayanya seseorang jika kurang tidur, tubuhnya mudah terserang penyakit. (Arief Suseno)


Dirangkum berbagai sumber

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال