Mengenal Merk G-Shock, Jam Tangan Kokoh Di Segala Medan

Mr. Kikuo Ibe, si penemu desain  jam merk G-Shock @ Shock The World Tour Jakarta 2010. Foto/Net

POSSINDO.COM, Ragam – Jam Merk G-Shock saat ini menjadi sebuah brand merek jam yang sangat terkenal di dunia. Bahkan nama G-Shock yang begitu besar kerap kali melampaui kepopuleran sang produsennya, Casio Computer Co., Ltd.

Bagi pencinta jam tangan atau horology, G-Shock sudah barang tentu merupakan bagian dari lini produksi Casio. Namun, siapa pun tidak bisa menepis, kebesaran Casio sebagai produsen jam tangan berangkat dari inovasi produksinya lewat G-Shock.

Inovasi menjadi kunci dibalik kesuksesan merek jam tangan G-Shock yang dikenal sangat tangguh. Arloji ini dirancang terutama sekali untuk para penggunanya yang memiliki aktivitas olahraga, militer, dan petualangan outdoor. Hampir semua G-Shock memiliki fitur stopwatch, penghitung waktu mundur, cahaya, dan kedap air.

G-SHOCK sendiri lahir dari mimpi para insinyur Casio tentang “jam tangan yang tidak akan pernah rusak”, dengan konsep pengembangan “Triple 10”, tim desain mencari desain jam tangan yang tahan dijatuhkan dari ketinggian 10 meter, tahan air sampai kedalaman 10 bar (100 meter) dan daya tahan baterai 10 tahun.

Pada 2018 lalu, Guinness World Records melindas G-Shock DW5600E-1 dengan truk seberat 24,97 ton untuk menguji jam tangan itu. Terbukti tangguh, G-Shock berhasil mendapat titel jam tangan paling tahan banting di dunia.
 

Profil Kikuo Ibe, Sang Penemu Jam Dengan Label G-Shock

Kikuo Ibe sendiri adalah perancang sekaligus teknisi jam yang bekerja di Casio. Perjalanan awal dari produk ciptaan G-Shock ini, ketika Kikuo Ibe masih di sekolah menengah, ayahnya memberinya sebuah jam tangan.

Suatu hari, dia menjatuhkan arlojinya dan arloji itu hancur berkeping-keping. Dari kejadian itu, dia terinspirasi untuk menciptakan jam yang tahan guncangan.

Pada awalnya, G-Shock rancangan Kikuo Ibe dan timnya ditujukan untuk pekerja konstruksi. Diharapkan mereka tetap bisa melihat penunjuk waktu tanpa takut jam tangannya rusak saat bekerja.

Setelah terbukti tangguh, G-Shock mulai menjamah enam elemen lain. Di antaranya adalah tahan terhadap sengatan listrik, tahan gravitasi, tahan suhu rendah, tahan getaran, tahan air dan tahan sengatan.

Tangguh Dan Tahan Di Segala Medan

Hingga kini, Kikuo mengaku sering mendengar cerita tentang ketangguhan G-Shock yang ternyata melebih ekspektasinya. Misalnya, lima tahun setelah pertama kali didesain, G-Shock DW-5200 didistribusikan ke Amerika Serikat. Dibuatlah iklan yang menunjukkan jam tangan itu tetap utuh meski dipukul keras dengan tongkat hockey.

“Karena saya berbasis di Jepang, saya tidak tahu tentang iklan itu. Kalau saya tahu, saya tidak akan menyetujuinya karena tidak yakin akan berjalan lancar. Tapi hasilnya, iklan itu sangat bagus dan mudah dimengerti maksudnya bahwa jam tangan kami sangat kuat,” jelas Kikuo.

Lebih lanjut, Kikuo menyatakan sejujurnya Casio tidak pernah melakukan uji coba unik seperti melindas dengan truk atau memukul G-Shock dengan tongkat hockey. Tapi Kikuo pernah melihat sendiri sebuah trailer besar melindas G-Shock dan jam tangan itu masih berfungsi.

Saat ini, pencinta jam horology dengan berbagai status dipastikan memiliki satu atau dua produk G-Shock generasi terdahulu dari setiap koleksinya. Mengapa demikian? Pasalnya, G-Shock bukan hanya sebuah jam tangan. G-Shock adalah sejarah itu sendiri. (Redaksi)

Sumber : Bisnis.com, marketeers.com



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال