Newcastle United, Klub Semenjana Yang Kini Berebut Trophy Liga Inggris

Newcastle United salah satu Tim premier league yang kini bersaing di Papan Atas. Foto/Net

POSSINDO.COM, Olahraga - Situasi anomali dialami Newcastle United di Premier League. Newcastle nyaris terdegradasi pada musim lalu, dan musim ini berada di papan atas dan bersaing memperebutkan trofi juara.

The Magpies berhasil mendulang 33 poin dari 16 pertandingan yang sudah dijalani pada musim ini. Hasil itu membuat Newcastle United untuk sementara berada di peringkat kedua klasemen sementara Premier League.

Namun, posisi mereka masih belum aman. Newcastle masih bisa tergusur jika Manchester City sukses memetik kemenangan ketika berhadapan dengan Leeds United di Elland Road, Rabu (29/12/2022) dini hari WIB.

Pencapaian Newcastle United terbilang sangat istimewa. Padahal tepat setahun yang lalu ketika Boxing Day 2021, Newcastle menghuni peringkat ke-19 klasemen sementara Premier League.

Bahkan sejak promosi pada musim 2017/2018, Newcastle seperti ditakdirkan hanya menjadi tim papan bawah dan papan tengah. Pencapaian tertinggi Newcastle United dalam lima tahun terakhir adalah peringkat ke-10.

Awalnya Sulit Menang

Pada Boxing Day 2021, Newcastle cukup beruntung karena memperoleh satu poin. Tim asuhan Eddie Howe itu menahan Manchester United dengan skor 1-1.

Raihan satu poin tidak berpengaruh banyak bagi posisi Newcastle United di klasemen. Setelah melewati 19 laga, Newcastle hanya mampu mengumpulkan 11 poin.

Catatan buruknya tidak hanya berhenti di sana. The Magpies tercatat baru mencetak 19 gol, tetapi sudah kebobolan 42 gol

Di Akusisi Sultan Arab Jadi Tim Menakutkan

Peningkatan Newcastle dalam waktu satu tahun itu tidak lepas dari kedatangan investor asal Arab Saudi pada Oktober 2021. Sejak itu, suntikan dana menjadi lancar untuk menunjang aktivitas transfer.

Manajer Eddie Howe tetap dipercaya duduk di kursi manajer. Dia pun leluasa memilih pemain yang sesuai kebutuhan.

Newcastle mengalami transformasi drastis dalam 14 bulan terakhir sejak diakuisisi oleh konsorsium pimpinan Saudi Public Investment Fund pada harga 305 juta pound (Rp5,75 triliun).

Sejumlah pemain berhasil mengangkat performa Newcastle dalam waktu singkat. Alexander Isak, Dan Burn, Nick Pope, Kieran Trippier, dan Bruno Guimaraes adalah pemain anyar yang mampu mengangkat performa Newcastle.

Nasib segera berubah dalam tempo satu tahun kemudian. Pada laga Boxing Day 2022, Newcastle menang meyakinkan 3-0 atas Leicester City.

Kemenangan tersebut mengantarkan mereka ke peringkat ke-2 klasemen Premier League setelah menjalani 16 laga. Poin yang dikoleksi tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan musim lalu, yaitu berjumlah 33 poin.

Dari segi produktivitas gol pun, Newcastle mengalami peningkatan yang super. Bruno Guimaraes dkk. mampu melesakkan 32 gol dan baru kebobolan 11 gol. (Redaksi)

Sumber : Bola.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال