P3MD Dampingi Musdes Di Desa Pudak, Kahayan Kuala

Peserta Musdes di Desa Pudak Kecamatan Kahayan Kuala, Selasa (27/12/2022) tadi. Beberapa program prioritas ditentukan dalam musdes tersebut. Foto/IST

POSSINDO.COM, Pulang Pisau – Desa Pudak Kecamatan Kahayan Kuala Pulang Pisau, pada Selasa ( 27/12/2022) tadi, baru saja menggelar Musyawarah Desa (Musdes). Kegiatan tersebut dihadiri Kades, Perangkat Desa, BPD Desa serta beberapa tokoh desa Pudak, pihak Kecamatan Kahayan Kuala, pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa serta Tenaga Ahli Pemberdayaan Desa (P3MD) tersebut berjalan dengan dengan lancar.

Dalam musdes tersebut diantaranya membahas beberapa progam usulan apbdes 2023. Dimana dana desa di prioritasnya untuk beberapa program seperti Ketahanan Pangan. Sementara itu Jumlah Penerima BLTDD juga mulai berkurang seiring dialihkan ke infrastruktur mendesak desa, seperti jalan dan Jembatan desa menjadi kegiatan berikutnya yang banyak diusulkan masyarakat untuk dilaksanakan tahun 2023.

Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Pulang Pisau, Novitalia Arisanti yang juga jadir dalam Musdes tersebut menyampaikan jika secara umum Kabupaten Pulang Pisau menjadi salah satu kabupaten yang masuk kategori cepat dalam menyelesaikan penyaluran dana desa tahun 2022.

“Baik DD reguler, BLTDD maupun Realokasi, hal ini menunjukkan bahwa tidak banyak kendala berarti bagi desa dalam memenuhi realisasi output pelaksanaan kegiatan tahun 2022 ini,” ungkap Novi.

Meski begitu dirinya mengaku ada beberapa desa yang mengalai keterlambatan dalam penyelesaian kegiatan tahun 2022. Hal itu lantaran terkendala musim yang membuat beberapa ruas jalan sulit dilalui untuk membawa bahan material.

“Keraguan masyarakat terkait prioritas dana desa 2023 yang membuat banyak desa menunda penetapan APBDes sudah terjawab dengan keluarnya Permendes 8/2022 tentang prioritas DD 2023 dan PMK 201/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa,” ujarnya.

“Sosialisasi kebijakan terkait yang dilakukan secara intens oleh TPP dan juga Pemkab Pulpis merupakan langkah percepatan yang telah diambil,” ungkap wanita yang juga aktif dalam pencegahan Stunting ini. (Sam)

Editor : Dedy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال