Pemkab Balangan Dorong Harga Bokar Karet Kembali Stabil

Kepala DKP3 Kabupaten Balangan, Tuhalus berusaha mendorong agar harga bokar karet bisa kembali stabil karena banyak petani karet yang bergantung disektor tersebut. Foto/ IST


POSSINDO.COM, Balangan – Dalam mendukung petani karet di Kabupaten Balangan. Pemerintah daerah melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) setempat akan dorong agar harga jual karet bisa kembali stabil, terutama menjangkau kenaikan diharga Rp7.800 hingga Rp8.000 per kilogramnya.

Hal tersebut disampaikan, Tuhalus Kepala DKP3 Kabupaten Balangan Tuhalus di Paringin, Sabtu (1//12/2022) tadi. Dikatakan dirinya saat ini pihaknya tengah berusah mendorong peningkatan harga karet di Balangan dari Rp7.800 ribu sampai Rp8.000 ribu rupiah perkilo, sehingga tidak jauh berbeda dari harga di pabrik yaitu Rp9.800 ribu hingga Rp10.000 ribu perkilo.

“Karet merupakan komoditi penting bagi petani yang ada di Balangan. Karena menjadi sumber mata pencaharian, banyak warga dan petani karet kita yang menggantung harapan agar ada kenaikan. Kalau sekarang masih antara dikisaran Rp6.800 ribu perkilo. Nah kenaikan karet ini akan kita coba dorong," ujar Tuhalus.

Beberapa langkah dan upaya yang dilakukan untuk mendorong kenaikan tersebut disampaikan Tuhalus lagi, yakni dengan menjalin Kerjasama dan kemitraan dengan pabrik karet yang ada di Balangan dan daerah terdekat.

“Sehingga jalur distribusi pasar bisa langsung terkoneksi antara petani dan pabrik. Tentu jika Kerjasama sudah terbangun akan ada proses penyesuaian yang dilakukan keduanya. Baik dari petani, maupun dari pabrik. Namun tentu harapannya dengan car aitu harga bokar karet akan bisa kembali stabil,” tukasnya. (Wahid)

Editor : Dedy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال