Salamatan Kampung Di Desa Pilang, Upaya Warga Menjaga Tradisi Leluhur

Hewan kerbau sebagai salah satu pelengkap dalam ritual Salamatan Kampung di Desa Pilang, yang digelar pada Jumat (30/12/2022) tadi. Foto/IST

POSSINDO.COM, Pulang Pisau – Pelaksanaan Upacara salamatan kampung yang digelar warga Desa Pilang dibalai basarah desa setempat, pada jumat (30/12/2022) tadi berlangsung dengan meriah. Pantauan media ini, ratusan warga dari desa Pilang dan warga desa terdekat nampak tumpah ruah menyaksikan kegiatan yang digelar tahunan tersebut.

Ketua panitia Salamatan kampung, Unguk K Ratu menyampaikan bahwa penyelenggaraan acara tidak hanya untuk desa saja namun juga mengundang beberapa pihak lainnya. Mulai dari damang adat hingga para mantir serta tamu undangan. Selain itu acara semakin istimewa setelah hadirnya perwakilan pemerintah daerah (Pemkab) Pulang Pisau yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Kesra, Edy Purwanto Casmani.

“Kami menyampaikan terimasih atas kehadiran staf ahli bupati selaku perwakilan pemerintah daerah kabupaten. Berbarengan dengan acara ini kami juga berdiskusi dan menyampaikan banyak hal terkait pelestarian adat dan budaya. Terutama bagaimana upaya yang bisa dilakukan bersama untuk menjaga hingga bisa lestari dan regenerasi pada anak-anak muda kedepan,” ungkap Unguk K Ratu yang disambut tepuk tangan warga.

Sementara itu Koordinator kegiatan Salamatan Kampung, Aman S.Pi menjelaskan jika kegiatan tersebut bisa terlaksana berkat gotong royong dari berbagai lapisan masyarakat Desa Pilang dan sekitarnya.

“Lapisan masyarakat desa sangat mendukung dan ikut berpartisipasi mulai tenaga, pikiran bahkan dana untuk mensukseskan kegiatan salamatan kampung hari ini.Semoga usai kegiatan hari ini, segala hajat dan keinginan warga desa pilang untuk terhindar dari marabahaya bisa dikabulkan,” ucapnya. (Sam)

Editor : Dedy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال